Khusna, Dewi (2015) Hubungan Metode Bercerita dengan Karakter Anak RA Muslimat NU Karangdadap Tahun Pelajaran 2013/2014. Undergraduate Thesis thesis, STAIN Pekalongan.
Text
2021210116 DEWI KHUSNA BAB I, V DAN LAMP_1.PDF Download (5MB) |
|
Text
2021210116 DEWI KHUSNA BAB I - V DAN FULL TEXT_1.PDF Restricted to Registered users only Download (11MB) |
Abstract
Karakter merupakan suatu yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan. Dewasa ini bangsa Indonesia sedang menghadapi berbagai masalah dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Permasalahan itu berupa perilaku masyarakat yang belum sejalan dengan karakter bangsa yang dijiwai oleh falsafah pancasila. Seperti yang telah kita ketahui bersama korupsi kolusi dan nepotisme sekarang marak di negara kita. Hal tersebut disebabkan karena tidak diterapkannya nilai- nilai karakter dalam diri mereka. Permasalahan karakter yang sedang marak terjadi harus diperhatikan oleh para pendidik, masyarakat dan pemerintah. Perlu diterapkan sejak dini agar terfondasi dalam dirinya sarnpai dewasa kelak, Oleh karena itu perlu adanya penggunaan metode yang tepat dalam pembelajaran salah satunya dengan metode bercerita. Adapun tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui metode bercerita di RA Muslimat NU Karangdadap tahun 201/2014. Untuk mengetahui karakter anak RA Muslimat NU Karangdadap tahun 2013/2014. Umengetahui hubungan metode bercerita dengan karakter anak RA Muslimat NU Karangdadap tahun 2013/2014. Sedangkan kegunaan penelitian ini secara teoretis diharapkan penelitian ini dapat memberikan kotribusi positif kepada para pendidik dalam menentukan metode pembelajaran yang dapat memberikan manfaat bagi anak, dan secara praktis diharapkan sebagai bahan masukan guna membentuk serta menanamkan nilai- nilai karakter anak sejak dini sebagai bekal kehidupan mereka di masa yang akan datang. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang mana penelitian ini dilakukan dalam kancah kehidupan yang sebenarnya. Penelitian lapangan mempunyai tujuan untuk memecahkan masalah-masalah praktis dalam kehidupan sehari-hari. Pelaksanaan metode bercerita di RA Muslimat NU Karangdadap sudah cukup baik, hal ini dibuktikan dengan jawaban angket yang berjumlah 20 dengan responden sebanyak 30 anak dengan nilai rata-rata 64. Karakter anak kelompok BI RA Muslimat NU Karangdadap sudah cukup baik, hal ini dibuktikan dengan jawaban angket yang berjumlah 20 dengan responden sebanyak 30 orang dengan nilai rata-rata 64. Ada hubungan yang cukup signifikan antara metode bercerita dengan karakter anak kelompok B1 BI RA Muslimat NU Karangdadap. Dari analisis yang diperoleh rxy atao ro (r hitung) -0,707 taraf signifikansi 5% N-30 sebesar 0,374 dan taraf signifikansi 1% sebesar 0,478 makar hitung (ro) lebih besar dari pada r tabel (rt) 0,374< 0,707 >0,478. Hubungan ini disebabkan karena karakter anak berpengaruh terhadap sikap, dan perilaku yang baik bagi anak kelompok B1 RA Muslimat NU Karangdadap.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Metode Bercerita dan Karakter Anak | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | Ida Royani | ||||||||
Date Deposited: | 06 Feb 2024 04:26 | ||||||||
Last Modified: | 06 Feb 2024 04:26 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/7034 |
Actions (login required)
View Item |