Peranan Metode Langsung Melalui Penutur Asli Bahasa Arab Dalam Kemahiran Berbicara Bagi Mahasiswa Prodi PBA STAIN Pekalongan

HUSNIYAH, NILA (2015) Peranan Metode Langsung Melalui Penutur Asli Bahasa Arab Dalam Kemahiran Berbicara Bagi Mahasiswa Prodi PBA STAIN Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN ) Pekalongan.

[img] Text (thesis)
2022110059 NILA HUSNIYAH BAB I, V DAN LAMP_1.PDF

Download (12MB)
[img] Text (Thesis)
2022110059 NILA HUSNIYAH BAB I - V FULL TEXT_1.PDF
Restricted to Registered users only

Download (23MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Metode langsung melalui penutur asli yaitu suatu pembelajaran bahasa arab yang yang dalam pelaksanaannya tanpa menggunakan bahasa ibu atau bahasa pengatar sama sekali dan yang menjadi fasilitator pembelajaran tersebut adalah orang yang dalam kesehariannya menggunakan bahasa Arab, bahasa Arab sebagai sebagai bahasa ibu. Adanya penutur asli bahasa Arab sebagai tenaga pengajar di prodi Pendidikan Bahasa Arab STAIN Pekalongan berharap mahasiswa bisa menguasai empat kompetensi kemahiran berbahasa yaitu kemahiran berbicara, kemahiran menyimak, kemahiran membaca dan kemahiran menulis. Permasalahan yang diteliti adalah bagaimana pelaksanaan metode langsung melalui penutur asli bahasa Arab di prodi PBA STAIN Pekalongan?, bagaimana kemahiran berbicara mahasiswa prodi PBA STAIN Pekalongan?, bagaimana peranan metode langsung melalui penutur asli bahasa Arab dalam kemahiran berbicara bagi mahasiswa prodi PBA STAIN Pekalongan?. Penelitian yang diteliti menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian Im adalah field research (penelitian lapangan). Metode pengumpulan data penelitian ini adalah metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Jenis analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif yaitu analisis dengan memberikan predikat kepada variabel yang akan diteliti sesuai dengan tolak ukur yang telah ditentukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan metode langsung melalui penutur asli bahasa Arab menggunakan pendekatan aural-oral pendekatan yang memiliki asumsi bahwa bahasa adalah apa yang didengar dan yang diucapkan. Sedangkan tulisan hanya representasi dari ujaran. Teknik yang digunakan adalah teknik tanya jawab, al-hiwar, al-qisah (cerita), muhadata dan peraga. Kemahiran berbicara mahasiswa prodi PBA STAIN Pekalongan masih bervariatif, sebagian besar mahasiswa bersifat pasif hanya beberapa mahasiswa yang aktif berbahasa .karena sudah mengetahui dan memahami hal-hal yang berkaitan bahasa Arab baik segi teori maupun segi kemahiran berbicara.Adapun peranan metode langsung melalui penutur asli bahasa Arab dalam kemahiran berbicara bagi mahasiswa prodi PBA STAIN Pekalongan yaitu: Menambah pengetahuan baru mengenai kosakata bahasa Arab yang belum pemah di dengar oleh mahasiswa sebelumnya, terciptanya bi'ah lugawiyyah saat pembelajaran berlangsung, mengetahui pengucapakan bahasa Arab (fonem) yang sesuai dengan penutur aslinya, mahasiswa termotivasi untuk berbicara menggunakan bahasa Arab

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMu'in, AbdulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Metode Langsung dan Penutur Asli
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Akhiroh Ghufron
Date Deposited: 06 Feb 2024 04:46
Last Modified: 06 Feb 2024 04:46
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/7037

Actions (login required)

View Item View Item