Widiyawati,, Erna (2015) Penerapan Maharatul Kalam Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Di SDIT Ulul Albab Kota Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN ) Pekalongan.
Text (Thesis)
2022110064 ERNA WIDIYAWATI BAB I, V DAN LAMP_1.PDF Download (11MB) |
|
Text (Thesis)
2022110064 ERNA WIDIYAWATI BAB I - V FULL TEXT_1.PDF Restricted to Registered users only Download (21MB) |
Abstract
Banyak siswa yang mengeluh dalam mempelajari bahasa Arab. Mereka beranggapan bahwa bahasa Arab adalah bahasa yang sulit, bahkan memandangnya sebagai momok. Hal demikian menjadi tantangan dalam dunia pendidikan Indonesia, khususnya sekolah-sekolah agama, STAIN atau perguruan tinggi lainnya, dimana selama enam hingga sepuluh tahun belajar bahasa Arab ternyata tidak bisa juga. Sekolah yang dijadikan penelitian ini yaitu SDIT (Sekolah Dasar Islam Terpadu) Ulul Albab kota Pekalongan. Sekolah ini berada di jalan Manunggal Kraton, kota Pekalongan. Sekolah ini menggunakan perpaduan dua kurikulum, yaitu kurikulum yang berasal dari dinas dan kurikulum dari JSIT (Jaringan Sekolah Islam Terpadu) yang tersebar di seluruh Indonesia. Kurikulum dari JSIT ini lebih menekankan kepada pelajaran agama dan tambahan bahasa asing yaitu bahasa Arab. Sesuai dengan judul penelitian diatas, maka permasalahan yang dirumuskan adalah sebagai berikut: bagaimana peuerapan mahiiratu/ kafiim dalam pembelajaran bahasa Arab di SDIT Ulul Albab kota Pekalongan? Dan faktor• faktor apa saja yang mendukung dan menghambat dalam penerapan mahiiratu/ kaliim dalam pembelajaran bahasa Arab di SDIT Ulul Albab kota Pekalongan? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian adalah penelitian lapangan. Metode yang digunakan adaiah metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis model Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini adalah pembelajaran bahasa Arab di SDIT berjalan dengan cukup lancar. Sedangkan untuk menerapkan maharatul kalam belum maksimal. Hal ini disebabkan oleh waktu pertemuan pembelajaran bahasa Arab semakin berkurang dari 3 jam pelajaran menjadi 2 jam pelajaran. Sehingga kesempatan untuk maharatul kalam menjadi berkurang. Bentuk penerapan mehdratul kaliim di SDIT Ulul Albab berbentuk hiwar (percakapan). Sedangkan faktor yang mendukung dari luar adalah mebsrstul kaliim kepala sekolah, para guru, motivasi/dukungan dari guru bahasa Arab, dan dukungan penuh dari keluarga, semangat siswa dalam mengikuti pembelajaran bahasa Arab. Sedangkan faktor yang menghambat dari luar beban mata pelajaran yang banyak dan waktunya yang semakin berkurang dalam pembelajaran bahasa Arab.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Maharatul Kalam, Pembelajaran bahasa Arab | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | Akhiroh Ghufron | ||||||||
Date Deposited: | 06 Feb 2024 06:33 | ||||||||
Last Modified: | 06 Feb 2024 06:33 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/7039 |
Actions (login required)
View Item |