Pelaksanaan Program Versi Jntegrasi Pesantren (VIP) di SMK Bardan Wasalaman Batang

Monika, Selly (2014) Pelaksanaan Program Versi Jntegrasi Pesantren (VIP) di SMK Bardan Wasalaman Batang. Diploma thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Other
2021110179_SELLY MONIKA BAB I, V DAN LAMP.PDF

Download (8MB)
[img] Other
2021110179_SELLY MONIKA FULL TEXT.PDF
Restricted to Registered users only

Download (17MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Monika, Selly. 2014. "Pelaksanaan Program Versi Jntegrasi Pesantren (VIP) di SMK Bardan Wasalaman Batang." Skripsi, Sarjana Tarbiyah Pendidikan Agama Islam, Pembimbing: Ahmad Ta'rifin, MA. Kata Kunci : Program Versi lntegrasi Pesantren (VIP). Penelitian ini dilatar belakangi karena sekolah merupakan tempat transformasi ilmu pengetahuan dari generasi ke generasi, sehingga sekolah harus .. dapat melaksanakan program yang baik. Program pendidikan sekolah di indonesia · saat ini lebih banyak mengembangkan pada bidang wnwnnya saja. Pada ranah . empiris, implementasi pendidikan umum saja belum banyak memberikan implikasi signifikan terhadap perubahan perilaku pesarta didik, maka tak heran jika pada akhirnya para orang tua mempertanyakan sejauh mana program pendidikan sekolah bagi peningkatan kesadaran dan perubahan perilaku anak, baik secara individual maupun sosial kultural. Kehadiran Program Versi Integrasi Pesantren (VIP) di sekolah saat ini telah memberikan jawaban dari banyaknya pertanyaan orang tua yang ingin menyekolahkan anak mereka, yang tidak hanya .. mendapatkan pendidikan umum saja tetapi juga mendapatkan pendidikan agama . Seiring dengan banyaknya kasus pergaulan bebas pada remaja membuat orang tua banyak menyekolahkan anak mereka di sekolah yang terintegrasi dengan pesantren. Hal ini dilakukan agar anak mereka tidak hanya dapat menguasi pendidikan umum saja tetapi juga dapat mcnguasai pendidikan agama yang dapat menjadi pegangan anak untuk dapat berperilaku baik. Karena dengan adanya sekolah yang terintegrasi pesantren anak-anak ditangani oleh pengasuh atau pengelola, secara full days. maka nilai-nilai aqidah pada anak akan tertanam dengan baik. Permasalahan dalam skripsi ini meliputi: bagaimana pelak.sanaan program versi integrasi pesantren (VIP) di SMK Bardan Wasalaman Batang, dan., faktor 'apa saja yang menjadi pendukung dan penghambat dari pelaksanaari program versi integrasi pesantren (VIP) di SMK Bardan Wasalaman Batang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan pelaksanaan Program Versi Integrasi Pesantren (VIP) di SMK Bardan Wasalaman Batang, dan. untuk mengetahui faktor apa saja yang menjadi pendukung dan penghambat dari pelaksanaan Program Versi Integrasi Pesantren (VIP) di SMK Bardan Wasalaman Batang. Jenis penelitian sk.ripsi ini ialah field research (penelitian lapangan) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dikaji secara. kualitatif dengan pendekatan fenomenologis. Seluruh kajiannya adalah diskriptif dimana peneliti menggambarkan penelitian yang dilakukan pada obyeknya secara jelas dan sistematis. Sementara untuk teknik pengumpulan datanya adalah menggunakan metode interview (wawancara), observasi dan dokumentasi. Sedangkan untuk jenis analisis data penulis menggunakan analisis data deskriptif kualitatif dan induktif. Hasil penelitian ini menunjukan hahwa pelaksanaan program versi integrasi pesantren (VIP) di SMK Bardan Wasalaman Batang mencakup beberapa pelaksanaanya sebagai berikut : dilaksanakan jam 07 .00 pagi sampai dengan jam

Item Type: Thesis (Diploma)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorTa'rifin, AhmadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Program Versi lntegrasi Pesantren (VIP).
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Asefuddin Riza
Date Deposited: 06 Feb 2024 06:59
Last Modified: 06 Feb 2024 06:59
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/7040

Actions (login required)

View Item View Item