Pengaruh Penggunaan Metode Drill Terhadap Kemampuan Menghafal Kosakata Bahasa Arab Peserta Didik Di Kelas 5 MSI 01 Kauman Pekalongan

Amaliyah, Mutta Anifah (2015) Pengaruh Penggunaan Metode Drill Terhadap Kemampuan Menghafal Kosakata Bahasa Arab Peserta Didik Di Kelas 5 MSI 01 Kauman Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN ) Pekalongan.

[img] Text (Thesis)
2022110067 MUTTA ANIFAH AMALIYAH BAB I, V DAN LAMP_1.PDF

Download (12MB)
[img] Other (Thesis)
2022110067 MUTTA ANIFAH AMALIYAH BAB I - V FULL TEXT_1.PDF
Restricted to Registered users only

Download (25MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Metode drill merupakan suatu cara menyajikan rnateri pelajaran bahasa asing dimana guru langsung menggunakan bahasa asing tersebut sebagai bahasa pengantar, dan tanpa menggunakan bahasa anak didik sedikitpun dalam mengajar. Metode yang mudah dipahami oleh peserta didik kelas 5. Guru pengampu terus berupaya agar peserta didik dapat menghafal kosakata bahasa Arab sebagai dasar mereka dalam memperoleh materi bahasa Arab di kelas selanjutnya.melalui metode langsung diharapkan dapat memudahkan peserta didik dalam menghafal terutama bagi peserta didik yang mudah lupa atau tingkat kecerdasannya kurang, menumbuhkan semangat serta hasil rnaksimal pada peserta didik di kelas 5 MSI 01 Kauman Pekalongan Permasalahan yang diteliti adalah bagaimana penggunaan metode drill dalam pembelajaran bahasa Arab di kelas 5 MSI 01 Kaurnan Pekalongan?, bagaimana kemampuan menghafal kosakata bahasa Arab peserta didik di kelas 5 MSI 01 Kauman Pekalongan?, bagaimana pengaruh penggunaan metode drill terhadap kemarnpuan menghafal kosakata bahasa Arab peserta didik di kelas 5 MSI OlKauman Pekalongan? Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah field research (penelitian lapangan). Metode pengumpulan data penelitian ini adalah metode observasi, wawancara, dokumentasi, angket dan tes. J enis analisis data yang digunakan adalah analisis pendahuluan, analisis uji hipotesis dan analisis lanjut. Yaitu suatu cara untuk memperoleh ilmu pengetahuan atau memecahkan masalah yang dilakukan secara hati-hati dan sistematis, dan data• data yang dikumpulkan berupa rangkaian atau angka-angka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode langsung berpengaruh terhadap kemampuan menghafal kosakata bahasa Arab peserta didik di kelas 5 MSI 01 Kauman Pekalongan. Hal ini dibuktikan dengan adanya korelasi positif yang sangat lemah antara penggunaan metode drill (variabel x) dengan kemampuan menghafal kosakata bahasa Arab (variabel y) karena nilai rxy sebesar 0, 118 terletak pada interval 0,00-0,20 yang berarti antara variabel x dan y terdapat korelasi yang cukup signifikan. Selain itu n, = 0, 118 lebih besar dari pada Ts 5% maupun 1 % yang berarti bahwa terdapat pengaruh antara penggunaan metode langsung dengan kemampuan menghafal kosakata bahasa Arab peserta didik di kelas 5 MSI 01 Kauman Pekalongan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorBasyar, KhoirulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Metode Drill dan Kosakata Bahasa Arab
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Akhiroh Ghufron
Date Deposited: 06 Feb 2024 06:51
Last Modified: 06 Feb 2024 06:51
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/7041

Actions (login required)

View Item View Item