Afifah, Siti (2014) Peran Kepala Sekolah dalam Mengembangkan Kompetensi Pedagogik Guru PAI di SMK Muhammadiyah Kajen Kabupaten Pekalongan. Diploma thesis, IAIN Pekalongan.
Other
2021110186 SITI AFIFAH BAB I, V DAN LAMP.PDF Download (7MB) |
|
Other
2021110186 SITI AFIFAH FULL TEXT.PDF Restricted to Registered users only Download (15MB) |
Abstract
. Peran Kepala Sekolah dalam Mengembangkan Kompetensi Pedagogik Guru PAI di SMK Muhammadiyah Kajen Kabupaten Pekalongan. Skripsi Jurusan Tarbiyah Program Studi Pendidikan Islam SekoIJ1 Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Pekalongan. Pembimbing I H. Zaenal M stakim, M. Ag, dan pembimbing II Hj. Chusna Maulida M. Pd.I. f Kata kunci: Peran Kepala Sekolah dan Kompetensi Pedagogik gu11U PAI Kepala sekolah di tuntut untuk bisa mendorong keterJibat,-i seluruh tenaga kependidikan termasuk pengembangan bagi setiap guru PAI dan bawahannya. Namun dalam kenyataan yang terjadi di lapangan membukti11an bahwa tidak semua kepala sekolah memenuhi kriteria yang ditentukap, tetapi lebih mengutamakan pada golongan ataupun kepangkatan yang dijalapi melalui masa kerja, dan tidak melaksanakan tanggung jawabnya sebagai kepalaj~ekolah. Permasalahan yang diungkap adalah bagaimana kompetensi pedagogik guru PAI di SMK Muhammadiyah Kajen. dan bagaimana pera kepala sekolah dalam mengembangkan kompetensi pedagogik guru PAI di SMK Muhammadiyah Kajen. Adapun tujuan penelitian untuk mendeskripsikan kompetensi pedagogik guru PAI di SMK Muhammadiyah Kajen, dan untuk mende kripsikan peran kepala sekolah dalam mengembangkan kompetensi pedagogik ru PAI di SMK Muhammadiyah Kajen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. adapu jenis penelitian dalam skripsi ini adalah penelitian lapangan (field research). Tek ik pengumpulan data dilakukan dengan cara/ teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah bahwa Kompetensi pedagogik yang dimiliki oleh guru PAI di SMK Muhammadiyah Kajen dalarn kegiatan lbelajar mengajar dapat dikategorikan "cukup baik". Hal ini ditunjukan dari data yang diperoleh melalui wawancara dan observasi dalam proses belajar mengajar di SMK Muharnmadiyah Kajen, bahwa dalam aspek kemampuan guru PAI dalam mengelola pembelajaran, pemahaman guru terhadap peserta didik, perancangan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran yang mendidik dan dialogis, pemanfaatan teknologi pembelajaran, evaluasi hasil belajar (EHB), dan pengembangan peserta didik di SMK Muhammadiyah Kajen sfah dilaksanakan oleh gum PAI dengan baik. Hal tersebut sesuai dengan peran yang sudah dijalankan oleh kepala sekolah dalam mengembangkan kom:tpetensipedagogik guru PAI di SMK Muhammadiyah Kajen. Peran tersebut dil csanakan melalui beberapa program-program diantaranya in house training, y g diprogramkan sesuai dengan kurikulum terbaru yaitu kurikulum 2013, pelatihan guru, pembinaan sistem pengajaran, seminar, lokakarya dan supervisi minimal dua kali dalam setahun. Peran kepala sekolah selanjutnya yaitu sebagai educator, manager, leader, administrator, supervisor, wirausahawan d n pencipta iklim kerja. Kepala sekolah juga sebagai pengarah, sebagai penasiha dan memberikan teladan bagi para guru yang lain terutama bagi guru pendidikan agama Islam dan seluruh bawahannya.
Item Type: | Thesis (Diploma) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Peran Kepala Sekolah dan Kompetensi Pedagogik guru PAI | ||||||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Depositing User: | Asefuddin Riza | ||||||||||||
Date Deposited: | 06 Feb 2024 07:59 | ||||||||||||
Last Modified: | 06 Feb 2024 07:59 | ||||||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/7045 |
Actions (login required)
View Item |