Pengaruh Perhatian Guru Terhadap Adab berbicara Siswa MI Islamiyah Sijono Warungsem Batang

Sulistiyani, Evi (2016) Pengaruh Perhatian Guru Terhadap Adab berbicara Siswa MI Islamiyah Sijono Warungsem Batang. Undergraduate Thesis thesis, STAIN Pekalongan.

[img] Text
2021210114 EVI SULISTIYANI BAB I, V DAN LAMP_1.PDF

Download (12MB)
[img] Text
2021210115 NIKMUN FATKHILLAH BAB I - V FULL TEXT_1.PDF
Restricted to Registered users only

Download (26MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Adab berbicara adalah adab atau sopan santun tentang tata cara berbicara baik dengan orang tua, teman sebaya maupun masyarakat sekitar. Adab berbicara ini merupakan hal yang juga penting untuk diperhatikan. Karena ada pepatah yang mengatakan "lidahmu adalah harimaumu", dari peribahasa itu maka dapat diasumsikan bahwa perilaku seseorang dapat dinilai dari tutur atau tata bahasanya. Semakin baik tata bahasa seseorang maka akan jauh dari kesalahpahaman dan perselisihan, sedangkan semakin buruk tata bahasa seseorang maka akan mendekatkan orang tersebut kepada perselisihan dan permusuhan hanya karena tutur kata kurang baik. Untuk itu anak harus diajarkan tentang adab berbicara yang baik. Rumusan masalah yang dikaji dalam skripsi ini adalah Bagaimana perhatian guru MI Islamiyah Sijono Warungsem Batang?. Bagaimana adab berbicara siswa MI Islamiyah Sijono Warungsem Batang?. Bagaimana pengaruh perhatian guru terhadap adab berbicara siswa MI Islamiyah Sijono Warungsem Batang?. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui perhatian guru siswa MI Islamiyah Sijono Warungsem Batang, untuk mendeskripsikan adab berbicara siswa MI Islamiyah Sijono Warungsem Batang, untuk menganalisa seberapa tingkat pengaruh perhatian guru terhadap adab berbicara siswa MI Islamiyah Sijono Warungsem Batang. Kegunaan penelitian diharapkan dapat dijadikan dapat menjadi masukan dan bahan pertimbangan bagi guru di MI Islamiyah Sijono Warungasem Batang agar mengajarkan adab berbicara kepada siswanya. Jenis penelitian ini adalah studi lapangan (field research). Sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Sedangkan metode pengumpulan data dalam penelitian ini observasi, angket dan dokumentasi. Data peneliti analisis menggunakan rumus regresi Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: Pertama, Perhatian guru MI Islamiyah Sijono Warungsem Batang adalah sangat baik. Hal ini ditunjukkan dari nilai persentase angket tentang perhatian guru siswa M! Islamiyah Sijono Warungsem Batang (Variabel X) sebesar 82,58% berada pada interval 81,28% ≤ 100% yang berarti berada pada kategori sangat baik. Kedua, Adab berbicara siswa MI Islamiyah Sijono Warungsem Batang adalah sangat baik. Hal ini ditunjukkan dari nilai persentase angket tentang adab berbicara siswa MI Islamiyah Sijono Warungsem Batang (Variabel Y) sebesar 86,04 % berada pada interval 81,28 % 100% yang berarti berada pada kategori sangat baik. Ketiga, Terdapat pengaruh yang signifikan antara perhatian guru terhadap adab berbicara siswa MI Islamiyah Sijono Setelah dilakukan perhitungan dengan rumus regresi didapatkan hasil test 0,804 dengan N 24. Pada tingkat signifikan 1% nilai tabel = 0,686 maka > - 0,804 0,686, maka Ho ditolak dan Ha diterima, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara perhatian guru terhadap adab berbicara siswa MI Islamiyah Sijono Warungsem Batang

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMaskhur, MaskhurUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Perhatian Guru dan Adab berbicara Siswa
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ida Royani
Date Deposited: 07 Feb 2024 03:37
Last Modified: 07 Feb 2024 03:37
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/7047

Actions (login required)

View Item View Item