Implementasi ekstrakurikuler “Pendidikan Agama Islam” untuk mengembangkan karakter peserta didik di SMP Negeri 1 Bodeh Kabupaten Pemalang

Agustina, Rika (2019) Implementasi ekstrakurikuler “Pendidikan Agama Islam” untuk mengembangkan karakter peserta didik di SMP Negeri 1 Bodeh Kabupaten Pemalang. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
Cover, Bab I - V.pdf

Download (6MB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keprihatinan peneliti tentang karakter para penerus bangsa ini khususnya para pelajar yang mengalami dekadensi moral yang mengakibatkan perilaku menyimpang. Ekstrakurikuler pendidikan agama Islam merupakan wadah bagi siswa-siswi aktif dalam kegiatan bidang keagamaan, memelihara perilaku keagamaan peserta didik. Implementasi ekstrakurikuler pendidikan agama Islam diharapkan dapat menjadi sarana bagi pengembangan karakter peserta didik. Proses pengembangan karakter tidak dapat dilakukan hanya melalui kegiatan kurikuler saja, melainkan harus dilalui melalui proses di luar kegiatan kurikuler. Permasalahan yang dikaji dalam skripsi ini meliputi: bagaimana pelaksanaan ekstrakurikuler pendidikan agama Islam untuk mengembangkan karakter peserta didik di SMP negeri 1 Bodeh, Apa faktor pendukung dan penghambat ekstrakurikuler pendidikan agama Islam untuk mengembangkan karakter peserta didik di SMP negeri 1 Bodeh, bagaimana hasil implementasi ekstrakurikuler pendidikan agama Islam untuk mengembangkan karakter peserta didik di SMP negeri 1 Bodeh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode Milles and Huberman, melalui 3 langkah utama yaitu: reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pelaksanaan ekstrakurikuler pendidikan agama Islam untuk mengembangkan karakter peserta didik berjalan cukup baik dan memuat karakter religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, rasa ingin tahu, menghargai prestasi, komunikatif, gemar membaca, peduli sosial dan tanggungjawab. 2) Faktor pendukung dan penghambat ekstrakurikuler pendidikan agama Islam yaitu adanya semangat pada diri peserta didik, pembina yang berkompeten, sarana dan prasarana memadai, dan dukungan kepala sekolah dan semua warga sekolah. Faktor penghambatnya yaitu masih adanya peserta didik yang melanggar tata tertib sekolah, tidak ada guru pengganti, metode pengajaran kurang bervariasi, alokasi waktu yang kurang, kurangnya peralatan ekstrakurikuler, evaluasi yang belum teradministrasi dengan baik dan lingkungan keluarga. 3) Hasil implementasi ekstrakurikuler pendidikan agama Islam untuk mengembangkan karakter yaitu perubahan perilaku peserta didik dan prestasi yang dicapai oleh peserta didik pada kegiatan ekstrakurikuler.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorNurkhamidi, ArisUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: ekstrakurikuler, pendidkan moral - karakter
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nora Septiani
Date Deposited: 15 Jun 2020 02:55
Last Modified: 15 Jun 2020 02:55
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/705

Actions (login required)

View Item View Item