Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Pengembangan Lembaga Pendidikan Islam di SMP NU (Nahdlatul Ulama) Karangdadap Pekalongan

Musyafa, Musyafa (2015) Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Pengembangan Lembaga Pendidikan Islam di SMP NU (Nahdlatul Ulama) Karangdadap Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, STAIN Pekalongan.

[img] Text
2021210111 MUSYAFA_ BAB I, V DAN LAMP_1.PDF

Download (9MB)
[img] Text
2021210111 MUSYAFA_ BAB I - V FULL TEXT_1.PDF
Restricted to Registered users only

Download (25MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Kepemimpinan kepala sekolah diartikan sebagai model atau macam-macam kepemimpinan kepala sekolah yang sesuai dengan situasi dalam rangka mempengaruhi, mengarahkan, membimbing kepada bawahan dengan cara memperkuat keyakinan, dukungan, dorongan dan kerjasama dalam rangka mencapai sasaran dan tujuan lembaga pendidikan. Pengembangan suatu lembaga pendidikan bergantung kepada kualitas kepala sekolah sebagai pemimpin pendidikan karena faktor yang sangat penting dalam proses pendidikan adalah lembaga pendidikan yang berkualitas, maka dengan lembaga pendidikan yang berkualitas secara otomatis akan dapat mencetak generasi yang berkualitas pula. Berdasarkan latar belakang di atas, maka permasalahan yang timbul adalah(1) bagaimana kualitas kepemimpinan kepala sekolah dalam pengembangan lembaga pendidikan Islam di SMP NU Karangdadap. (2) apakah uasaha-usaha kepemimpinan kepala sekolah dalam pengembangan lembaga pendidikan Islam di SMP NU Karangdadap. (3) Apakah faktor pendukung dan penghambat kepemimpinan kepala sekolah dalam pengembangan lembaga pendidikan Islam di SMP NU Karangdadap. Adapun tujuannya adalah (1) untuk mengetahui kualitas kepemimpinan kepala sekolah dalam mengembangkan lembaga pendidikan Islam di SK NU Karangdadap. (2) untuk mengetahui usaha-usaha kepemimpinan kepala sekolah dalam pengembangan lembaga pendidikan Islam di SMP NU Karangdadap. (3) untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat kepemimpinan kepala sekolah dalam pengembangan lembaga pendidikan Islam di SMP NU Karangdadap. Menurut jenisnya penelitian ini termasuk penelitian lapangan field Research) dengan pendekatan kualitatif diskriptif. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Dan analisa datanya adalah diskriptif kualitatif. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kualitas kepemimpinan kepala sekolah di SMP NU Karangdadap diantaranya mempunyai tanggung jawab yang kuat seperti mengakui kekurangan dan kesalahan dalam segala aktifitasnya sebagai kepala sekolah, mengikutsertakan seminar dan penataran yang berada di huar sekolah serta mempunyai keberanian dalam mengambil keputusan. Dan usaha-usahanya yaitu dengan mengembangkan kurikulum, SDM, sarana prasarana dan peran serta masyarakat. Adapun faktor pendukungnya adalah sarana prasarana yang menunjang, guru dengan adanya kebersamaan dalam pengelolaan kurikulum dan proses belajar mengajar. Disamping itu sebagai faktor penghambatnya adalah masalah guru, dana, kemampuan, dan jiwa psikologi siswa yang berbeda-beda serta peran masyarakat yang masih rendah.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSholahuddin, SugengUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan, Kepala Sekolah, Lembaga Pendidikan Islam.
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ida Royani
Date Deposited: 07 Feb 2024 07:08
Last Modified: 07 Feb 2024 07:08
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/7052

Actions (login required)

View Item View Item