Peran Guru Dalam Pengembangan Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Permainan Playdough di RA Muslimat Pucung

Amalia, Tutik (2023) Peran Guru Dalam Pengembangan Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Permainan Playdough di RA Muslimat Pucung. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2024116047_Bab I dan Bab V.pdf

Download (3MB)
[img] Text
2024116047_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Pendidikan anak usia dini tidak lepas dari peranan seorang guru. Guru memegang peranan penting dalam proses pengembangan motorik halus anak usia dini. Dengan menggunakan media pembelajaran yang bervariasi salah satunya dengan media playdough. Penggunakan media playdough dalam bermain , peserta didik lebih kreatif, dan mandiri. Perkembangan anak usia dini akan berkembang sesuai dengan indikatornya jika guru berperan dengan baik. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : (1) Bagaimana peran guru dalam pengembangan motorik halus anak usia 5-6 tahun melalui permainan playdough di RA Muslimat Pucung (2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat guru dalam pengembangan motorik halus anak usia 5-6 tahun melalui permainan playdough di RA Muslimat Pucung. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui Peran Guru Dalam Pengembangan Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Permainan Playdough Di RA Muslimat Pucung. Desain penelitian yang digunakan dalam skripsi ini adalah pendekatan kualitatif. Adapun jenis penelitiannya adalah penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan datanya dengan menggunakan metode observasi, metode wawancara, dan metode dokumentasi. Jenis analisis yang digunakan yaitu analisis deskriptif kualitatif model Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan peran guru dalam pengembangan motorik halus anak guru menggunakan beberapa peran diantaranya : peran guru sebagai pendidik, peran guru sebagai pembimbing, peran guru sebagai fasilitator, peran guru sebagai penasehat, peran guru sebagai motivator, dan peran guru sebagai pelatih. Perkembangan motorik halus peserta didik menggunakan media playdough membuat peserta didik berkreasi dengan idenya sendiri, tidak merasa bosan dengan media yang bervariasi. Media playdough bertujuan untuk mengembangkan koordinasi mata dengan tangan, pergelangan tangan serta kelenturan jari jemari untuk menunjang babak selanjutnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorIrsyad, MohammadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Peran Guru, Motorik Halus, Playdough
Subjects: 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.21 Pre School/Pendidikan Pra Sekolah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Rosi Rosi
Date Deposited: 07 Feb 2024 06:47
Last Modified: 07 Feb 2024 06:47
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/7053

Actions (login required)

View Item View Item