Pengaruh Sikap Siswa dalam Metode Diskusi Terhadap Motivasi Belajar Kelas XI AK 1 Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK PGRI Batang Kabupaten Batang

Wahyuningsih, Nur (2014) Pengaruh Sikap Siswa dalam Metode Diskusi Terhadap Motivasi Belajar Kelas XI AK 1 Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK PGRI Batang Kabupaten Batang. Undergraduate Thesis thesis, STAIN Pekalongan.

[img] Text
2021210105 NUR WAHYUNINGSIH BAB I - V DAN LAMP .PDF

Download (6MB)
[img] Text
2021210105 NUR WAHYUNINGSIH FULL TEXT.PDF
Restricted to Registered users only

Download (13MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Mengajar secara efektif sangat bergantung pada pemilihan dan penggunaan metode mengajar yang serasi dengan tujuan mengajar. Metode mengajar yang digunakan harus dapat merangsang keinginan untuk belajar lebih lanjut, melakukan eksplorasi dan inovasi (pembaharuan). Guru yang memiliki kemampuan mengajar dengan menggunakan metode diskusi dimungkinkan dapat meningkatkan prestasi belajar dalam kegiatan belaja-mengajar dan melalui pemecahan masalah secara bersama dapat meningkatkan motivasi siswa terhadap materi yang diajarkan. Penerapan metode diskusi dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam sangatlah tepat. Karena metode diskusi merupakan salah satu cara mendidik dan berupaya memecahkan masalah yang dihadapi. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana sikap siswa dalam metode diskusi kelas XI AK 1 pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK PGRI Batang Kabupaten Batang? Bagaimana motivasi belajar siswa kelas XI AK 1 pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK PGRI Batang Kabupaten Batang? Seberapa besar pengaruh sikap siswa dalam metode diskusi terhadap motivasi belajar kelas XI AK 1 pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK PGRI Batang Kabupaten Batang? Tujuan penelitian adalah untuk mendiskripsikan sikap siswa dalam metode diskusi kelas XI AK 1 pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK PGRI Batang Kabupaten Batang. Untuk mendiskripsikan bagaimana motivasi belajar siswa kelas XI AK I pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK PGRI Batang Kabupaten Batang, optuk mendiskripsikan besarnya pengaruh sikap siswa dalam metode diskusi terhadap motivasi belajar siswa kelas XI AK I pada imata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK PGRI Batang Kabupation Batang Kegunaan secara teoretis adalah untuk menambah wawasan dan khasanah keilmuan terutama dalam ilmu pendidikan. Secara praktis sebagai sumbangan informasi bagi para orang tua serta pendidik untuk lebih memperhatikan motivasi belajar PAI pada anak Jenis penelitian ini adalah studi lapangan (field research). Sedangkan metode pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Sedangkan metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi. Adapun dalam menganalisis data peneliti menggunakan rumus regresi. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa pertama, sikap siswa dalam metode diskusi di SMK PGRI Batang sudah baik, ini dapat dilihat dari nilai rata-ratanya. Adapun nilai rata- rata Metode diskusi di SMK PGRI Batang adalah 69. Berdasarkan perhitungan data angket dari tabel tentang metode diskusi di SMK PGRI Batang. Nilai terseb berada dalam interval 69-72 yang termasuk dalam klasifikasi cukup baik/sedang. Kedua motivasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan Agama Islam di SMK PGRI Batang dilihat dari hasil angket sudah menunjukkan klasifikasi yang cukup baik/sedang. Berdasarkan perhitungan data angket dari tabel tentang motivasi belajar siswa, didapatkan nilai rata-rata angket motivasi belajar siswa di SMK PGRI Batang adalah 74. Nilai tersebut berada dalam interval 72-76 yang termasuk dalam klasifikasi Cukup Baik/sedang

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorBasyir, MushofaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Metode Diskusi Terhadap Motivasi Belajar
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ida Royani
Date Deposited: 07 Feb 2024 07:28
Last Modified: 21 Mar 2024 07:14
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/7055

Actions (login required)

View Item View Item