Penerapan Metode Drill Dalam Pembelajaran Muhadatsah Bahasa Arab Pada Siswa MIS Sapugarut Buaran Pekalongan

SA'DIYAH, AROFATUS (2015) Penerapan Metode Drill Dalam Pembelajaran Muhadatsah Bahasa Arab Pada Siswa MIS Sapugarut Buaran Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN ) Pekalongan.

[img] Text (Thesis)
2022111025 AROFATUS SA_DIYAH BAB I, V DAN LAMP_1.PDF

Download (17MB)
[img] Text (Thesis)
2022111025 AROFATUS SA_DIYAH BAB I - V FULL TEXT_1.PDF
Restricted to Registered users only

Download (23MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

MIS Sapugarut Buaran Pekalongan merupakan salah satu sekolah yang berbasis agama dimana mata pelajaran agama yang diajarkan sangat beragam. Salah satunya terdapat mata pelajaran muhadatsah bahasa Arab, sehingga guru harus bisa membangkitkan semangat siswa agar tidak bosan dalam mengikuti pembelajaran. Hal ini menghendaki pembelajaran dengan menggunakan metode drill yang merupakan suatu cara mengajar dengan memberikan latihan-latihan terhadap apa yang telah dipelajari siswa sehingga memperoleh suatu keterampilan tertentu. Bila dibandingkan dengan metode lain, metode drill memiliki ciri khusus. Menurut Ahmad Izzan dalam bukunya yang berjudul Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab terbitan Humaniora tahun 2011 menjelaskan bahwa metode latihan mengucapkan kosa kata, struktur kalimat dalam hal ini teks muhadatsah dengan menirukan ucapan guru akan mudah diingat dan terbiasa bagi anak didik, karena langsung didemonstrasikan. Rumusan penelitian adalah sebagai berikut:(l ).Bagaimana penerapan metode drill dalam pembelajaran muhadatsah bahasa Arab pada siswa MIS Sapugarut Buaran Pekalongan?(2).Apa saja faktor-faktor pendukung dan penghambat dari penerapan metode drill dalam pembelajaran muhadatsah bahasa Arab pada siswa MIS Sapugarut Buaran Pekalongan?. Tujuan penelitian ini adalah(l)Untuk mengetahui penerapan metode drill dalam pembelajaran I muhadatsah bahasa Arab pada siswa MIS Sapugarut Buaran Pekalongan,(2) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dari penerapan metode drill dalam pembelajaran muhadatsah bahasa Arab pada siswa MIS Sapugarut Buaran Pekalongan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research). Sedangkan pendekatan menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan adalah : metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis kualitatif dengan model analisis deskriptif dan menggunakan pola berfikir induktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penerapan Metode Drill dalam Pembelajaran Muhadatsah Bahasa Arab pada Siswa MIS Sapugarut Buaran Pekalongan sudah dapat dikatakan berjalan dengan semestinya. Evaluasi pembelajarannya pun dilakukan secara kondisional. Artinya, guru di setiap pembelajarannya menyelipkan evaluasi teks muhadatsah namun tidak monoton dengan drill yang berupa setoran secara formal maju kedepan perkelompok. I

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorUla, MiftahulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Metode Drill dan Pembelajaran Muhadatsah.
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Akhiroh Ghufron
Date Deposited: 07 Feb 2024 07:40
Last Modified: 07 Feb 2024 07:40
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/7058

Actions (login required)

View Item View Item