Implementasi Strategi Cooperative Learning Dalam Pembelajaran Maharah Qira 'ah Pada Siswa Kelas V Di SD Islam Simbang Wetan Pekalongan

PRASETYO, IMAM AGUS (2016) Implementasi Strategi Cooperative Learning Dalam Pembelajaran Maharah Qira 'ah Pada Siswa Kelas V Di SD Islam Simbang Wetan Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN ) Pekalongan.

[img] Text (Thesis)
2022111046 IMAM AGUS PRASETYO BAB I, V DAN LAMP_1.PDF

Download (11MB)
[img] Text (Thesis)
2022111046 IMAM AGUS PRASETYO BAB I - V FULL TEXT_1.PDF
Restricted to Registered users only

Download (22MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Sebagian pendidik beranggapan bahwa mernbaca adalah agar peserta didik memahami isi teks. Oleh karena itu, banyak pendidik mengambil jalan pintas dengan membacakan teks dan menerjemahkannya. Cara ini praktis bagi pendidik dan mungkin menyenangkan bagi peserta didik karena tidak menuntut mereka berpikir keras, tetapi tidak efektif. Maka pendidik harus menerapkan metode pembelajaran yang melibatkan peserta didik secara aktif dalam proses pemahaman isi teks, baik secara individual maupun kelompok. Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah bagaimana implementasi strategi cooperative learning dalam pembelajaran mahdrali qirii'ah. pada siswa kelas V di SD Islam Simbangwetan Pekalongan? Apa sajakah faktor pendukung dan penghambat implementasi strategi cooperative learning dalam pembelajaran mahiirah qird 'ah pada siswa kelas V di SD Islam Simbangwetan Pekalongan? Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tentang implementasi strategi cooperative learning dalam pembelajaran mahiirah qird'ah pada siswa kelas V di SD Islam Simbangwetan Pekalongan, dan faktor pendukung dan penghambat implementasi strategi cooperative learning dalam pembelajaran mahdra]i qirii'ah pada siswa kelas V di SD Islam Simbangwetan Pekalongan. Dalam penelitian ini, pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif, dan jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research). Analisis data dilakukan dengan model Miles and Huberman sebagai teknik analisis data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; 1) Implementasi strategi cooperative learning dalam pembelajaran mahiirah qirii 'ah pada siswa kelas V di SD Islam Simbangwetan Pekalongan telah dilaksanakan melalui tiga tahap, seperti a) pendahuluan dan persiapan, meliputi menentukan media dan bahan ajar, pengelolaan kelas, b) kegiatan inti, implementasi strategi cooperative learning dilaksanakan melalui pendekatan Student Teams Achievement Division (ST AD), ha! ini ditandai dengan langkah-langkah pembelajarannya, seperti fase presentasi kelas, pembagian tim kelompok, fase kuis, fase penghitungan skor, fase penghargaan, c) evaluasi, penilaiaan yang digunakan adalah tes dan non tes. 2) Faktor pendukungnya berupa kemampuan pendidik, antusias peserta didik, adanya media dan sumber belajar, sedangkan faktor penghambatnya, berupa karekteristik peserta didik, sarana prasarana dan alokasi waktu.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSopiah, SopiahUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Cooperative Learning dan Mahiiralt Qirii'al
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Akhiroh Ghufron
Date Deposited: 07 Feb 2024 08:20
Last Modified: 07 Feb 2024 08:20
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/7061

Actions (login required)

View Item View Item