Implementasi Pembelajaran Kitab Kuning dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning di MTs Salafiyah NU Karanganyar Tirto Pekalongan

Wibowo, Hadi (2014) Implementasi Pembelajaran Kitab Kuning dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning di MTs Salafiyah NU Karanganyar Tirto Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, STAIN Pekalongan.

[img] Text
2021210104 HADI WIBOWO BAB I, V DAN LAMP_1.PDF

Download (9MB)
[img] Text
2021210104 HADI WIBOWO BAB I - V FULL TEXT_1.PDF
Restricted to Registered users only

Download (18MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Pembelajaran kitab kuning secara umum diselenggarakan di pondok pesantren dengan pendekatan dan metode pembelajaran yang bercorak satu arah (teacher centered education), yakni dari guru/kiai ke siswa/ santri, seperti sistem bandhongan. Seiring laju perkembangan dalam dunia pendidikan, kitab kuning dikaji di berbagai lembaga pendidikan formal. Sudah barang tentu, intensitas pembelajaran kitab kuning di lembaga pendidikan formal tidak setinggi pembelajaran kitab kuning di pesantren, sehingga jika secara total model pendekatan pembelajaran kitab kuning di lembaga pendidikan formal itu merujuk terhadap pendekatan pembelajaran kitab kuning sebagaimana di pesantren, pembelajaran akan cenderung menjenuhkan, kurang memberdayakan potensi keaktifan dan kreativitas siswa serta materi kurang dipahami siswa secara konkret. Inisisai pendekatan Contextual Teaching and Learning dalam pembelajaran kitab kuning menciptakan suasana pembelajaran yang aktif dan menyenangkan. Siswa dituntut dapat mengonstruki ilmu pengetahuan yang mereka dapatkan dengan mengaitkan dan mengontekskan materi pembelajaran dengan pengalaman kehidupan sehari-hari sehingga ilmu dan pengetahuan yang mereka dapatkan tidak mengalami kejumudan pada konsep-konsep yang bersifat abstrak, namun lebih dapat dikorelasikan dan terapkan dalam kehidupan nyata. Berdasarkan uraian di atas, maka penulis mengadakan penelitian dengan judul Implementasi Pembelajaran Kitab Kuning dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning di MTs Salafiyah NU Karanganyar Tirto Pekalongan dengan tujuan untuk mengetahui implementasi pembelajaran kitab kuning dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning di MTs Salafiyah NU Karanganyar Tirto Pekalongan dan untuk mengetahui faktor-faktor pendukung serta kendala yang dihadapi. Kegunaan dari penelitian ini secara teoritis adalah sebagai tambahan wawasan bagi penulis pada khususnya, dan bagi para pembaca serta pemerhati pendidikan agama Islam pada umumnya mengenai implementasi pembelajaran kitab kuning dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning di MTs Salafiyah NU Karanganyar Tirto Pekalongan. Adapun kegunaan secara praktis adalah sebagai kontribusi pemikiran bagi praktisi pendidikan agama Islam mengenai inovasi model pembelajaran klasik, yakni pembelajaran kitab kuning yang dipadukan dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning dalam sebuah lembaga pendidikan formal sekaligus untuk membantu meningkatkan kualitas pelaksanaan pembelajaran kitab kuning di lembaga pendidikan formal tersebut sehingga dapat dijadikan referensi model pendekatan pembelajaran kitab kuning bagi lembaga pendidikan formal yang lain. Penelitian ini termasuk penelitian lapangan (field research) dan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan datanya adalah interviu, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan adanya implementasi pembelajaran kitab kuning dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning, kegiatan pembelajaran kitab klasik di lembaga pendidikan formal lebih dapat diterima oleh siswa dan mampu mengembangkan keaktifan serta kreativitas siswa baik dalam bidang akademik maupun dalam hal keterampilan berpikir, bertanya serta mengemukakan pendapat tentang apa yang mereka pahami. Selain itu, siswa lebih dapat memahami esensi materi pembelajaran kitab kuning secara dinamis, karena materi tidak dipelajari secara tekstual yang cenderung kolot dengan konsep-konsep salaf yang tentunya situasi dan kondisi pada saat para mu'allif atau meşannif menuliskan karya mereka berbeda dengan situasi dan kondisi yang dihadapi para siswa saat ini. Namun materi dipelajari bersama secara aktif, dikorelasikan dan diaktualisasikan dengan pengalaman siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSalafuddin, SalafuddinUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Kitab Kuning dan Pendekatan Contextual Teaching and Learning
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ida Royani
Date Deposited: 07 Feb 2024 08:33
Last Modified: 07 Feb 2024 08:33
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/7063

Actions (login required)

View Item View Item