Analisis Kontrastif Kala Dalam Bahasa Arab Dan Bahasa Inggris Serta Metode Pengajarannya

ASRIYAH, DEWI (2015) Analisis Kontrastif Kala Dalam Bahasa Arab Dan Bahasa Inggris Serta Metode Pengajarannya. Undergraduate Thesis thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN ) Pekalongan.

[img] Text (Thesis)
2022111083 DEWI ASRIYAH BAB I, V DAN LAMP_1.PDF

Download (8MB)
[img] Text (Thesis)
2022111083 DEWI ASRIYAH BAB I - V FULL TEXT_1.PDF
Restricted to Registered users only

Download (32MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Bahasa merupakan alat komunikasi yang biasa digunakan dalam kehidupan sehari-hari oleh seseorang kepada orang lain. Bahasa Arab dan bahasa Inggris adalah dua bahasa asing yang dijadikan mata pelajaran wajib di sekolah-sekolah di Indonesia. Analisis kontrastif adalah sebuah pendekatan pengajaran bahasa kepada pelajar bilingual. Dengan menggunakan pendekatan analisis kontrastif, kala (tenses) dalam bahasa Arab dan bahasa Inggris dideskripsikan dan dianalisis untuk kemudian diperoleh persamaan dan perbedaan dari kedua bahasa tersebut, serta memberikan atau menawarkan pemilihan metode pengajaran yang sesuai untuk mengajarkan kala (tenses) dalam bahasa Arab dan bahasa Inggris. Berdasarkan latar belakang di atas, dapat dirumuskan pennasalahannya yaitu: (1) Bagaimana konsep kala dalam bahasa Arab dan bahasa lnggris? (2) Apa persamaan dan perbedaan kala dalam bahasa Arab dan bahasa lnggris? (3) Bagaimana metode pengajaran kala bahasa Arab dan bahasa Inggris yang efektif dan efisien bagi pelajar yang sedang mempelajari kedua bahasa tersebut? Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui konsep kala dalam bahasa Arab dan bahasa lnggris. (2) Untuk menemukan persamaan dan perbedaan antara kala dalam bahasa Arab dan bahasa Inggris. (3) Upaya untuk mencari metode pengajaran kala dalam bahasa Arab dan bahasa Inggris yang efektif dan efisien, melalui persamaan• persamaan dan perbedaan-perbedaan yang ada, guna pemenuhan fungsi pengajaran bahasa Arab dan bahasa lnggris. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian library research. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan cara studi pustaka dan metode dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kontrastif. Data diolah dengan menggunakan metode deskriptif dari segi penyajiannya dan metode analisis kontrastif dari segi analisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Kala (tenses) dalam bahasa Arab dan bahasa lnggris sama-sama berjumlah 16 macam dan memiliki tiga acuan dasar waktu yaitu madli/past, hallpresent, dan mustaqbal/future. 2) Terdapat beberapa kala (tenses) yang memiliki kesamaan dalam bahasa Arab dan bahasa lnggris dilihat dari fungsi dan penggunaan. Akan tetapi juga terdapat beberapa perbedaan di antaranya adalah beberapa tenses dalam bahasa lnggris tidak ditemukan dalam tenses bahasa Arab, 3) Metode yang sesuai untuk mengajarkan kala (tenses) bahasa Arab dan bahasa lnggris adalah metode tata bahasa-terjemah (grammar translation method) dan metode bahasa rangkap (dual-languagemethod).

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorBasyir, MusoffaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Thesis advisorJaeni, MuhamadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Analisis Kontrastif, Kala, Bahasa Arab, Bahasa lnggris
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Akhiroh Ghufron
Date Deposited: 07 Feb 2024 08:51
Last Modified: 07 Feb 2024 08:51
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/7065

Actions (login required)

View Item View Item