Efektivitas model pembelajaran teams games tournament (tgt) dengan menggunakan media kartu permainan dalam meningkatkan prestasi belajar PAI kelas IV SD N Lebo 02 Warungasem Batang tahun pelajaran 2018/2019

Wahyudin, Wahyudin (2019) Efektivitas model pembelajaran teams games tournament (tgt) dengan menggunakan media kartu permainan dalam meningkatkan prestasi belajar PAI kelas IV SD N Lebo 02 Warungasem Batang tahun pelajaran 2018/2019. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
Cover, Bab I - V.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/

Abstract

Salah satu model pembelajaran yang menyenangkan yaitu model pembelajaran dengan menggunakan permainan, diantaranya adalah model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) yakni salah satu model pembelajaran kooperatif dengan mengadakan tiga tahapan yakni teams, games, dan tournament. Penelitian ini mencakup rumusan masalah: pertama, Bagaimana model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dengan menggunakan media kartu permainan pada mata pelajaran PAI kelas IV SD N Lebo 02 Warungasem Batang tahun pelajaran 2018/2019?. Kedua, Bagaimana prestasi belajar PAI kelas IV SD N Lebo 02 Warungasem Batang tahun pelajaran 2018/2019. Ketiga,Apakah model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dengan menggunakan media kartu permainan dapat efektif meningkatkan prestasi belajar PAI kelas IV SD N Lebo 02 Warungasem Batang tahun pelajaran 2018/2019. Tujuan penelitian ini: pertama, Untuk mengetahui model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dengan menggunakan kartu permainan pada mata pelajaran PAI Kelas IV SD N Lebo 02 Warungasem Batang tahun pelajaran 2018/2019. Kedua, Untuk mengetahui prestasi hasil belajar PAI Kelas IV SD N Lebo 02 Warungasem Batang tahun pelajaran 2018/2019. Ketiga, Untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dengan menggunakan kartu permainan dalam meningkatkan prestasi belajar PAI Kelas IV SD N Lebo 02 Warungasem Batang tahun pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah penelitiam eksperimen dengan menggunakan pendekatan kuantitaif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes dan wawancara yang kemudian dianalisis dengan teknik analisis uji t. Hasil penelitian ini mnejelaskan adanya efektivitas model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dengan menggunakan media kartu permainan dalam meningkatkan prestasi belajar PAI Kelas IV SD N Lebo 02 Warungasem Batang tahun pelajaran 2018/2019. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan t = 3,97 > ttabel = 2,009 dengan α = 0,05, maka H0 ditolak dan juga adanya peningkatan nilai rata-rata kelas dari 69,8 menjadi 76,5.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorPramesti, Santika Lya DiahUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran TGT, Media Kartu Permainan, Prestasi Belajar
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ridho Aji Anggana
Date Deposited: 12 Jun 2020 07:40
Last Modified: 12 Jun 2020 07:40
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/708

Actions (login required)

View Item View Item