Pola Komunikasi Guru Dalam Menanamkan Akhlak Pada Anak Usia Dini di PAUD Green School Tirto Kota Pekalongan

Atsarini R, Zara Wanda (2023) Pola Komunikasi Guru Dalam Menanamkan Akhlak Pada Anak Usia Dini di PAUD Green School Tirto Kota Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2024116049_Bab I dan Bab V.pdf

Download (3MB)
[img] Text
2419041_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Komunikasi dalam kehidupan manusia adalah hal yang sangat penting karena tanpa komunikasi manusia tidak dapat memberikan atau menyampaikan pesan kepada orang lain. pada dasarnya tujuan pokok akhlak dalam islam adalah agar setiap muslim berbudi pekerti dan bertingkah laku baik dan mulia sesuai dengan ajaran islam. Membangun komunikasi yang baik menjadi salah satu kunci keberhasilan dalam kehidupan, begitu pula dalam hal menekankan dan menanamkan akhlak pada anak usia dini, dan hal tersebut bisa dilakukan ketika mereka memasuki usia sekolah. Karena di sekolah anak akan menemukan berbagai pengalaman baru seperti teman dan lingkungan yang baru. Adapun beberapa faktor penghambat dan pendukung dalam menanamkan akhlak pada anak usia dini di PAUD Green School Tirto Kota Pekalongan, yaitu: dalam faktor penghambat kurang fahamnya bahasa antar murid dan guru, kepribadian murid yang menjadi kebiasaan dalam berkomunikasi sehari-hari yang terpengaruh dari lingkungan luar sekolah. Sedangkan untuk faktor pendukungnya yaitu: tenaga pendidik, media, dan bentuk penerapan komunikasi dimana menggunakan metode demonstrasi, metode ceramah, dan metode latihan praktis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola komunikasi guru dalam menanamkan akhlak pada anak usia dini di PAUD Green School Tirto Kota Pekalongan dan faktor pendukung dan penghambat apa saja yang mempengaruhi komunikasi guru dalam menanamkan akhlak pada anak usia dini di PAUD Green School Tirto Kota Pekalongan. Jenis penelitian ini bersifat kualitatif deskriptif dengan menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pola komunikasi yang terjadi menggunakan tiga pola, yaitu pola komunikasi satu arah, pola komunikasi dua arah, dan pola komunikasi multi arah. Dimana terbentuklah tiga metode, yaitu metode demonstrasi, metode ceramah, dan metode latihan praktis.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorIndrawati, TrianaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pola Komunikasi, Guru, Penanaman Akhlak, Anak Usia Dini
Subjects: 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.21 Pre School/Pendidikan Pra Sekolah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Rosi Rosi
Date Deposited: 12 Feb 2024 09:03
Last Modified: 12 Feb 2024 09:03
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/7084

Actions (login required)

View Item View Item