Urgensi Kelas Unggulan Agama Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Di Madrasah Aliyah Negeri Pemalang

Fathurahman, Muhammad (2023) Urgensi Kelas Unggulan Agama Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Di Madrasah Aliyah Negeri Pemalang. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2119038_MUHAMMAD FATHURAHMAN BAB I-V.pdf

Download (14MB)
[img] Text
2119038_MUHAMMAD FATHURAHMAN FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (17MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Kelas unggulan di Indonesia adalah suatu kelas yang dikembangkan untuk mencapai keunggulan dalam proses dan hasil pendidikan. Pengertian kelas unggulan yang dikeluarkan oleh direktorat pendidikan dasar dalam buku pedoman penyelenggaraan kelas unggulan adalah sejumlah anak didik yang karena prestasinya menonjok dikelompokan dalam satu kelas tertentu kemudian di beri program pengajaran yang sesuai dengan kurikulum yang dikembangkan, dan adanya materi tambahan pada mata pelajaran tertentu. Berdasarkan latar belakang di atas, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pembelajaran kelas unggulan agama di Madrasah Aliyah Negeri Pemalang, untuk mengetahui prestasi belajar pada kelas unggulan Agama di Madrasah Aliyah Negeri Pemalang, untuk mengetahui urgensi program kelas unggulan agama terhadap prestasi belajar peserta didik terkhusus pada mata pelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Aliyah Negeri Pemalang, serta untuk mengetahui output dari kelas unggulan agama pada prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran akidah akhlak di Madrasah Aliyah Negeri Pemalang. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Data dalam penulisannya menggunakan data primer dari Kepala Sekolah, Waka kurikulum, serta Guru Mapel di Madrasah Aliyah Negeri Pemalang. Sementara data sekunder seperti profil Madrasah Aliyah Negeri Pemalang, sarana prasarana, struktur organisasi Madrasah Aliyah Negeri Pemalang, jumal dan referensi buku. Sedangkan teknik pengumpulan datanya melalui wawancara, observasi dan dokumentasi, serta analisisnya dimulai dari reduksi data, kemudian penyajian data, dan yang terakhir yaitu penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan program kelas unggulan di Madrasah Aliyah Negeri Pemalang sudah terlaksana dengan baik dengan ditunjukkan adanya jam tambahan setelah pulang sekolah yang sesuai dengan minat anak yang diambil dalam mata pelajaran serta juga adanya kurikulum yang sudah ditentukan guna sebagai patokan dalam pembelajaran program kelas unggulan mata pelajaran akidah akhlak. Program kelas unggulan yang dilaksanakan oleh Madrasah Aliyah Negeri Pemalang juga telah banyak meraih prestasi baik akademik maupun non akademik sehingga urgensi dari program kelas unggulan ini terlihat nyata guna memotivasi peserta didik sehingga output dari hasil pembelajaran peserta didik meningkat untuk menjadi langkah awal masuk dalam dunia perguruan tinggi yang ingin diraih atau di capai peserta didik ke depannya

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMukhlis, AbdulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kelas Unggulan Agama, Prestasi Belajar, Peserta Didik, Akidah Akhlak, Madrasah Aliyah
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ida Royani
Date Deposited: 13 Feb 2024 08:28
Last Modified: 13 Feb 2024 08:28
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/7095

Actions (login required)

View Item View Item