Peran ekstrakurikuler kerohanian islam dalam membina perilaku keagamaan siswa di SMK Texmaco Pemalang

Arviyana, Arviyana (2019) Peran ekstrakurikuler kerohanian islam dalam membina perilaku keagamaan siswa di SMK Texmaco Pemalang. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
Cover, Bab I - V.pdf

Download (5MB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/

Abstract

Kegiatan ekstrakurikuler kerohanian islam merupakan salah satu alternative yang perlu dikembangkan khususnya untuk sekolah menengah atas melihat sangat sedikitnya alokasi waktu yang disediakan untuk mempelajari pendidikan agama islam di luar jam pelajaran melalui kegiatan ekstrakurikuler kerohanian islam. Dalam kegiatan ekstrakurikuler kerohanian islam terdapat program-program yang cukup banyak diantaranya mentoring dan kajian kajian keislaman yang dapat memotivasi siswa untuk mengamalkan ajaran ajaran agama islam dengan tujuan agar siswa dapat menjaga dan meningkatkan keimanan kepada Allah S.W.T. serta mampu membina perilaku keagamaan siswa dengan berbagai kegiatannya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah, 1. Bagaimana implementasi ekstrakurikuler kerohanian islam di SMK Texmaco Pemalang? 2. Bagaimana perilaku keagamaan siswa di SMK Texmaco Pemalang? 3. Bagaimana peran ekstrakurikuler kerohanian islam dalam membina perilaku keagamaan siswa di SMK Texmaco Pemalang Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian studi lapangan. Sedangkan teknik pengumpulan data dengan melakukan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, seleksi data, penyajian data dengan memberikan makana terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) implementasi ekstrakurikuler kerohanian islam di SMK Texmaco Pemalang cukup baik dengan berbagai program kegiatan diantaranya: program mingguan meliputi kegiatan mentoring, khataman Al Qur’an, pelatihan hadroh dan tari sufi, dan kegiatan infak di hari Jum’at. Kemudian program bulanan dan tahunan diantaranya istighosah setiap satu bulan sekali di hari Jum’at kliwon , pesantren kilat ramadhan, PHBI seperti kegiatan Qurban, Maulid Nabi Muhammad, dan kegiatan sosial satu muharram. 2) Perilaku keagamaan siswa di SMK Texmaco Pemalang cukup baik, dibuktikan dengan adanya kegiatan berdoa sebelum KBM, disiplin tepat waktu, shalat sunnah dhuha dan shalat dhuhur berjama’ah, pembiasaan bersedekah, sopan dalam berpakaian, budaya 3S( senyum, sapa, dan salam), dan menjaga kebersihan lingkungan. 3) peran ekstrakurikuler dalam membina perilaku keagamaan siswa di SMK Texmaco Pemalang diantaranya yaitu membentuk akhlak yang mulia, terbiasa membaca Al Qur’an, memperkuat ukhuwah islamiyah, meningkatkan disiplin diri, dan membentengi diri dari pengaruh yang negatif.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorIskarim, MochamadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Ekstrakurikuler Kerohanian Islam, Perilaku Keagamaan
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ridho Aji Anggana
Date Deposited: 12 Jun 2020 07:51
Last Modified: 12 Jun 2020 07:51
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/710

Actions (login required)

View Item View Item