Upaya guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran PAI melalui metode collaborative learning di SMK Muhammadiyah Kajen Kabupaten Pekalongan

Pratama, Ilham Wahyu (2023) Upaya guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran PAI melalui metode collaborative learning di SMK Muhammadiyah Kajen Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2119103_ILHAM WAHYU PRATAMA BAB I-V.pdf

Download (7MB)
[img] Text
2119103_ILHAM WAHYU PRATAMA FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Upaya guru untuk meningkatkan kualitas pembelajaran merupakan sebuah langkah yang ditempuh oleh guru dalam bentuk implementasi nyata dari perencanaan-perencanaan didalam sebuah pembelajaran untuk menambahkan nilai-nilai yang dapat diterima oleh peserta didik secara baik dan menerus, kualitas pembelajaran sendiri diukur dari sejauh mana kemampuan peserta didik menangkap, mendeskripsikan serta mempraktikkan sebagai dampak dari pembelajaran yang dilakukan oleh guru, salah satu upaya yang dilakukan guru adalah penggunaan metode dimana pada penelitian kali ini metode yang digunakan adalah collaborative learning, collaborative learning sendiri merupakan metode study team yang mengandalkan interaksi pada proses pelaksanaannya, tentu hal tersebut dapat digunakan sebagai wadah dan media untuk tercapainya peningkatan kualitas pembelajaran yang telah peneliti sebutkan. Penelitian ini mengkaji terkait upaya guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran PAI melalui metode collaborative learning. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran serta mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan kualitas pembelajaran PAI di SMK Muhammadiyah Kajen. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif, adapun metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode observasi, wawancara dan dokumentasi, Analisis data menggunakan metode analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan upaya yang dilakukan guru untuk meningkatkan kualitas pembelajaran antara lain : Penggunaan metode interaktif, bimbingan kelompok dan individu, serta pemberian hukuman berhasil dan berjalan dengan baik. Adapun faktor pendukung dan penghambat, faktor penghambatnya adalah karakter pasif peserta didik (introvert) dan waktu pembelajaran. Sedangkan faktor pendukung nya yaitu : kebijakan sekolah terkait pembelajaran dan fasilitas yang diberikan sekolah, karena kedua faktor tersebut yang dapat menjadi solusi terkait upaya meningkatkan kualitas pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorKholis, NurUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Upaya Guru, Kualitas Pembelajaran, Faktor Pendukung dan Faktor Penghambat
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ida Royani
Date Deposited: 15 Feb 2024 07:38
Last Modified: 15 Feb 2024 07:38
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/7112

Actions (login required)

View Item View Item