Implementasi Metode Qiro’ati Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Santri di TPQ Pagumenganmas Karangdadap

Irva, Ramadilla (2023) Implementasi Metode Qiro’ati Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Santri di TPQ Pagumenganmas Karangdadap. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2119233_IRVA RAMADILLA BAB I-V.pdf

Download (7MB)
[img] Text
2119233_IRVA RAMADILLA FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Metode Qiro’ati ialah cara membaca Al-Qur’an dengan menggunakan kaidah tajwid yang benar. Metode ini membiasakan peserta didik agar bisa membaca Al-Qur’an sesuai dengan kaidah ilmu tajwidnya. Implementasi metode Qiro’ati di TPQ Al-Barokah dalam pembelajaran Al-Qur’an. Penelitian ini mencakup 2 rumusan masalah: Pertama, Bagaimana implementasi metode qiro’ati dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an santri di TPQ Al-Barokah Pagumenganmas Karangdadap? Kedua, Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi metode qiro’ati dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an santri di TPQ Al-Barokah Pagumenganmas Karangdadap? Dengan tujuan, Pertama, untuk mengetahui implementasi metode qiro’ati dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an. Kedua, untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi metode qiro’ati dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitiannya adalah penelitian lapangan (Field Research). Sumber data dalam penelitian ini adalah Kepala TPQ, Guru TPQ jilid 4 dan 5, dan peserta didik TPQ Al-Barokah Pagumenganmas. Teknik pengumpulan datanya menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi, serta analisis data yang dimulai dari kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menjelaskan bahwa pertama, pelaksanaan pembelajaran implementasi metode Qiroati dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an melalui tiga indikator, yaitu perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, teknik pengajaran dalam pembelajaran metode qiro’ati. Kedua, faktor pendukung dan penghambat metode qiro’ati dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an. Faktor pendukung yaitu dengan adanya sarana dan prasarana yang memadai, minat santri dalam belajar, serta dukungan orang tua. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu keterbatasan waktu, rendahnya kesadaran santri dalam membaca Al-Qur’an.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorYazid, M. AbaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Metode Qiro’ati, Kemampuan Membaca, Santri.
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ida Royani
Date Deposited: 16 Feb 2024 08:13
Last Modified: 16 Feb 2024 08:13
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/7128

Actions (login required)

View Item View Item