Motivasi Santri Kalong dalam Mengikuti Pembelajaran Kitab Kuning di Pondok Pesantren Raudlatul Uqul Desa Cokro Kecamatan Blado Kabupaten Batang”

Munif, Achmad (2023) Motivasi Santri Kalong dalam Mengikuti Pembelajaran Kitab Kuning di Pondok Pesantren Raudlatul Uqul Desa Cokro Kecamatan Blado Kabupaten Batang”. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2119261_ACHMAD MUNIF BAB I-V.pdf

Download (4MB)
[img] Text
2119261_ACHMAD MUNIF FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Motivasi merupakan sebuah dorongan yang disebabkan oleh dua faktor yaitu faktor intrinsik atau berasal dari dalam diri seorang individu, serta motivasi ekstrinsik yang berasal dari luar individu yang mempengaruhi seseorang dalam mengerjakan suatu hal. Sebagai santri kalong tentunya masing-masing memiliki motivasi, semangat, serta alasan yang berbeda-beda dalam mengikuti pembelajaran kitab kuning. Santri kalong dan santri mukim pastinya memiliki perbedaan terutama dalam waktu pembelajaran yang diterima. Dimana waktu pembelajaran santri kalong lebih sedikit dari pada santri mukim. Oleh karena itu perlu adanya metode pembelajaran kitab kuning yang dapat mempermudah para santri kalong dalam memahami dan mengikuti pembelajaran kitab kuning dengan waktu pembelajaran yang lebih sedikit. Dalam penelitian ini peneliti merumuskan 2 tujuan yakni bagaimanakah motivasi yang mendasari para santri kalong dalam mengikuti pembelajaran kitab kuning di pondok pesantren Raudlatul Uqul Blado Batang, serta bagaimanakah metode pembelajaran kitab kuning yang diberikan kepada para santri kalong di pondok pesantren Raudlatul Uqul Blado Batang. Adapun dalam penelitian ini peneliti menggunakan penelitian studi kasus dengan pendekatan kualitatif dengan pengumpulan data yang dilakukan oleh peneliti adalah wawancara, observasi dan juga dokumentasi yang dilakukan di Pondok Pesantren Raudlatul Uqul Baldo Batang. Dalam penelitian ini mendapatkan hasil bahwasannya motivasi santri kalong dalam mengikuti pembelajaran kitab kuning didominasi oleh motivasi ekstrinsik dari pada motivasi intrinsik. Dimana dari hasil wawancara yang dilakukan banyak dari santri kalong yang mengutarakan alasan mereka mengikuti pembelajaran kitab kuning di pengaruhi dari dorongan orang tua, dorongan masyarakat, keinginan untuk mendapatkan berkah kyai, ingin memenuhi kewajiban menuntut ilmu, serta pemberihan nasehat dari para kyai dan ustad pondok pesantren. Dari segi metode yang diterapkan untuk para santri kalong dalam pembelajaran kitab kuning di pondok pesantren menggunakan 3 metode yaitu metode bandongan, metode Syawir (Diskusi), serta metode sorogan. Dari ketiga metode pembelajaran yang diterapkan metode bandongan dan syawir merupakan metode yang disukai para santri kalong karna lebih mudah di ikuti dan dimengerti para santri kalong. Sedangkan metode sorogan menjadi metode yang sulit dikuasai oleh para santri kalong.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSopiah, SopiahUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Motivasi, Santri Kalong, dan Pembelajaran Kitab Kuning
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ida Royani
Date Deposited: 16 Feb 2024 08:20
Last Modified: 16 Feb 2024 08:20
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/7130

Actions (login required)

View Item View Item