Implementasi Pendidikan Agama Islam dalam pengembangan kualitas akhlak siswa SMA Al-Irsyad kota Tegal

Nadilla, Syarah Tania (2023) Implementasi Pendidikan Agama Islam dalam pengembangan kualitas akhlak siswa SMA Al-Irsyad kota Tegal. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2119034_SYARAH TANIA NADILLA BAB I-V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2119034_SYARAH TANIA NADILLA FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Implementasi merupakan kegiatan yang dilakukan dengan perencanaan dan mengacu kepada aturan tertentu untuk mencapai tujuan suatu kegiatan. Pendidikan Agama Islam merupakan pendidikan yang memberikan pengetahuan dan membentuk sikap, kepribadian, serta keterampilan peserta didik dalam mengamalkan ajaran agamanya. Pengembangan kualitas akhlak berarti sebuah bentuk usaha dalam meningkatkan kemampuan melalui pendidikan Islam agar akhlak yang ada pada kehidupan perilaku manusia sesuai dengan yang seharusnya. Rumusan masalah dalam penelitian ini ada tiga yaitu bagaimana implementasi Pendidikan Agama Islam dalam pengembangan kualitas akhlak siswa SMA Al-Irsyad Kota Tegal, Apa saja kendala-kendala yang dihadapi oleh guru Pendidikan Agama Islam dalam pengembangan kualitas akhlak siswa SMA Al-Irsyad Kota Tegal, bagaimana solusi yang diberikan oleh guru Pendidikan Agama Islam dalam mengatasi kendala pengembangan kualitas akhlak siswa SMA Al-Irsyad Kota Tegal. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui implementasi Pendidikan Agama Islam dalam pengembangan kualitas akhlak siswa SMA Al-Irsyad Kota Tegal, kendala-kendala yang dihadapi oleh guru Pendidikan Agama Islam dalam pengembangan kualitas akhlak siswa SMA Al-Irsyad Kota Tegal, dan solusi yang diberikan oleh guru Pendidikan Agama Islam dalam mengatasi kendala pengembangan kualitas akhlak siswa SMA Al-Irsyad Kota Tegal. Jenis penelitian dalam skripsi ini adalah penelitian kualitatif, berdasarkan penelitian di lapangan (field research), sedangkan spesifikasi penelitian yang digunakan adalah deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti dalam penyusunan skripsi ini adalah: metode observasi, metode wawancara, dan metode dokumentasi. Adapun metode analisis yang peneliti gunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif, yang bertujuan melukiskan secara sistematis fakta dan karakteristik dalam bidang-bidang tertentu secara faktual dengan menggambarkan keadaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi Pendidikan Agama Islam dalam pengembangan Kualitas akhlak siswa SMA Al-Irsyad Kota Tegal, dalam perencanaan, pelaksanaan, serta evaluasi yang digunakan melalui hafalan-hafalan surat pendek dan hadits dan melalui ulangan harian untuk mengingat materi yang sudah diajarkan. Evaluasi ini tujuannya agar siswa menjadi lebih baik dari sebelumnya, selain juga untuk mengetahui tingkat keberhasilan kegiatan pembelajaran serta nilai yang ditanamkan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSopiah, SopiahUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Implementasi Pendidikan Agama Islam, Pengembangan Kualitas Akhlak Siswa
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Khusnu Asirah
Date Deposited: 19 Feb 2024 03:10
Last Modified: 19 Feb 2024 03:10
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/7142

Actions (login required)

View Item View Item