Analisis dampak penggunaan game online mobile legends bang bang terhadap pengamalan agama remaja Kuripan Lor Gg. 6 kelurahan Kuripan Yosorejo

Sanjaya, Rizqi (2023) Analisis dampak penggunaan game online mobile legends bang bang terhadap pengamalan agama remaja Kuripan Lor Gg. 6 kelurahan Kuripan Yosorejo. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2119063_RIZQI SANJAYA BAB I-V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2119063_RIZQI SANJAYA FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Di era globalisasi ini, teknologi dan ilmu pengetahuan berkembang sangat pesat, sehingga sampai saat ini produk-produk teknologi sudah tak terhitungj umlahnya. Berbagai produk teknologi tersebut tentunya dirancang untuk memenuhi kebutuhan masyarakat baik dari segi ilmu pengetahuan,pendidikan dan kesehatan, bahkan hanya untuk hiburan. Salah satu produk teknologi yang sedang populer di kalangan remaja saat ini adalah video game offline dan online. Salah satu game online yang sedang populer saat ini adalah Mobile Legends Bang Bang, permainan ini menjadi trend tersendiri bagi kalangan remaja dan bahkan menjadi kegiatan wajib setiap harinya. Permasalahan yang akan dikaji dalam skripsi ini meliputi: bagaimana penggunaan game Mobile Legends Bang Bang di kalangan remaja Kuripan Lor Gg. 6 Kelurahan Kuripan Yosorejo dan bagaimana dampak penggunaan game Mobile Legends Bang Bang terhadap pengamalan agama di kalangan remaja Kuripan Lor Gg. 6 Kelurahan Kuripan Yosorejo. Adapun penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui bagaimana penggunaan Game Mobile Legends Bang Bang di kalangan remaja Kuripan Lor Gg. 6 Kelurahan Kuripan Yosorejo dan (2) Mengetahui Bagaimana dampak penggunaan Game Mobile Legends Bang Bang terhadap pengamalan agama di kalangan remaja Kuripan Lor Gg. 6 Kelurahan Kuripan Yosorejo. Jenis penelitian yang penulis gunakan ialah penelitian lapangan atau disebut field research. Adapun pendekatan yang penulis gunakan ialah pendekatan kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan diantaranya: observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan proses kondensasi data, penyajian data dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam penggunaan game Mobile Legends Bang-Bang para remaja di Kuripan Lor Gg. 6 dibagi menjadi tiga kategori yaitu selalu, sering dan kadang-kadang. Remaja dengan intensitas bermain selalu dalam sehari memainkan game Mobile Legends Bang Bang selama lebih dari 3,5 jam. Remaja dengan intensitas bermain sering memainkan game Mobile Legends Bang Bang selama 2,5 sampai 3,5 jam. Remaja dengan intensitas bermain kadang-kadang memainkan game Mobile Legends Bang Bang hanya 2 jam. Penggunaan game Mobile Legends Bang Bang mempengaruhi rutinitas dalam beribadah para remaja di Kuripan Lor gg. 6, seperti terlambat atau lupa menjalankan ibadah salat, jarang menyempatkan untuk berdzikir dan malas hadir di majelis sholawat. Hal ini menunjukkan bahwa game ini dapat mengganggu kewajiban keagamaan dan memengaruhi hubungan individu dengan praktik keagamaannya. Dampak penggunaan game online Mobile Legends Bang-Bang tidak hanya terhadap pengamalan agama saja tetapi juga pada tugas akademik, produktivitas seseorang, bahasa, pergaulan, pola tidur dan performa kerja.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorNurkhamidi, ArisUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Game online, dampak penggunaan, pengamalan agama remaja
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Khusnu Asirah
Date Deposited: 19 Feb 2024 03:57
Last Modified: 19 Feb 2024 03:57
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/7144

Actions (login required)

View Item View Item