Konsep etika guru menurut KH. Hasyim Asy’ari dalam kitab Adab al-‘Alim wa al-Muta’allim dan relevansinya dengan kode etik guru di Indonesia

Jannah, Nur Fathul (2023) Konsep etika guru menurut KH. Hasyim Asy’ari dalam kitab Adab al-‘Alim wa al-Muta’allim dan relevansinya dengan kode etik guru di Indonesia. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2119080_NUR FATHUL JANNAH BAB I-V.pdf

Download (4MB)
[img] Text
2119080_NUR FATHUL JANNAH FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya peran guru dalam pendidikan. Dalam melaksanakan tugasnya yaitu mendidik, guru dituntut menjadi teladan yang baik bagi peserta didiknya. Sebelum guru mendidik peserta didik agar beretika, maka guru perlu membiasakan etika yang baik dalam kehidupan sehari-harinya. Konsep etika yang harus dimiliki oleh guru ini telah dijelaskan secara terperinci dalam Kitab Adab al-‘Alim wa al-Muta’allim karya KH. Hasyim Asy’ari. Disamping itu, terdapat Kode Etik Guru Indonesia yang menjadi panduan sikap dan perilaku profesi guru. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana konsep etika guru menurut KH. Hasyim Asy’ari dalam Kitab Adab al-‘Alim wa al-Muta’allim? 2) Bagaimana relevansi konsep etika guru menurut KH. Hasyim Asy’ari dalam Kitab Adab al-‘Alim wa al-Muta’allim dengan kode etik guru di Indonesia? dan adapun tujuan penelitian ini yaitu: 1) Untuk menganalisis konsep etika guru menurut KH. Hasyim Asy’ari dalam Kitab Adab al-‘Alim wa al-Muta’allim 2) Untuk mengungkapkan relevansi konsep etika guru menurut KH. Hasyim Asy’ari dalam Kitab Adab al-‘Alim wa al-Muta’allim dengan kode etik guru di Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian kajian pustaka (library research). Teknik pengumpulan data menggunakan teknik pengumpulan data dokumenter. Adapun teknik analisis data menggunakan teknik analisis isi. Sumber data primernya adalah Kitab Adab al- ‘Alim wa al-Muta’allim karya KH. Hasyim Asy’ari dan Kode Etik Guru Indonesia berdasarkan kongres PGRI ke-XXI tahun 2013, sedangkan sumber data sekunder ialah buku, artikel jurnal, artikel internet, serta skripsi yang relevan untuk melengkapi pemahaman sumber data primer. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep etika guru dalam Kitab Adab al-‘Alim wa al-Muta’allim menjelaskan bahwa yang utama guru harus memperbaiki niat mengajarnya karena Allah Swt, guru harus menjaga harga dirinya sebagai bentuk penghormatan kepada ilmu yang merupakan amanat Allah Swt, serta mendidik peserta didik dengan penuh kasih sayang. Konsep etika guru dalam Kitab Adab al-‘Alim wa al-Muta’allim dengan Kode Etik Guru Indonesia dapat direlevansikan, sehingga guru memiliki pedoman dalam melaksanakan tugas dan kewajiban guru dengan manjaga sikap dan perilakunya agar tidak melanggar norma-norma etika dan hukum Allah Swt.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSyaifuddin, MohammadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Etika Guru, KH. Hasyim Asy’ari, Kode Etik
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Khusnu Asirah
Date Deposited: 19 Feb 2024 04:07
Last Modified: 19 Feb 2024 04:07
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/7145

Actions (login required)

View Item View Item