Dampak kecanduan game online pada perkembangan moral remaja di dukuh Plosoran desa Tangkil Kulon kecamatan Kedungwuni kabupaten Pekalongan

Izzati, Naelatul (2023) Dampak kecanduan game online pada perkembangan moral remaja di dukuh Plosoran desa Tangkil Kulon kecamatan Kedungwuni kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2119112_NAELATUL IZZATI BAB I-V.pdf

Download (9MB)
[img] Text
2119112_NAELATUL IZZATI FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena adanya keresahan yang terjadi akibat dari adanya salah satu hasil dari kemajuan teknologi yakni permainan berbasis online atau biasa disebutnya game online. Dimana game online ini sering dimainkan oleh berbagai kalangan, terutama para remaja. Kecanduan game online ini tentunya memberikan dampak tersendiri bagi pelakunya. Hal ini tak terkecuali pada aspek moral remaja yang mana perkembangan moral remaja ini sangat krusial untuk digaungkan. Oleh karena ini alasan itulah yang menjadi dasar peneliti untuk melakukan penelitian ini di Dukuh Plosoran Desa Tangkil Kulon Kecamatan Kedungwuni Kabupaten Pekalongan pada remaja dengan rentang usia antara 12 sampai 15 tahun. Berdasarkan latar belakang di atas, maka peneliti akan memaparkan beberapa rumusan masalah yaitu: bagaimana intensitas bermain game online oleh remaja di Dukuh Plosoran Desa Tangkil Kulon Kecamatan Kedungwuni Kabupaten Pekalongan? Bagaimana Perkembangan moral remaja akibat kecanduan game online di Dukuh Plosoran Desa Tangkil Kulon Kecamatan Kedungwuni Kabupaten Pekalongan? Adapun tujuan penelitian ini agar pembaca mengetahui terkait intensitas remaja dalam menggunakan game online dan mengetahui dampaknya bagi perkembangan moral remaja. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan penelitian kualitatif. Data dalam penelitian kali ini menggunakan data primer dari remaja yang berusia 12 sampai 15 tahun, game online dan data sekundernya dari buku maupun jurnal. Teknik pengumpulan datanya melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Serta analisis datanya diawali dari reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan intensitas para remaja dengan usia 12 sampai 15 tahun di Dukuh Plosoran Desa Tangkil kulon Kecamatan Kedungwuni Kabupaten Pekalongan dalam bermain game online beragam dari pagi hari, siang hari sehabis sekolah, dan malam hari. Namun intensitas yang sering dihabiskan dari banyaknya remaja adalah siang hari sehabis sekolah dan malam hari. Adapun dampak dari kecanduan game online pada perkembangan moral remaja ada dua yakni dampak negatif dan positif. Dampak negatifnya adalah berkata-kata kasar, lupa waktu, dan berselisih atau bertengkar. Sedangkan dampak positifnya adalah jiwa kepemimpinan dan rasa demokrasi, toleransi, dan empati serta nurani.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorTa'rifin, AhmadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Game Online, Perkembangan Moral, Remaja
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Khusnu Asirah
Date Deposited: 20 Feb 2024 03:03
Last Modified: 20 Feb 2024 03:03
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/7152

Actions (login required)

View Item View Item