Penguatan moderasi beragama bagi mahasiswa program studi Pendidikan Agama Islam UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan

Affa, Affanillah Aulia Khoiril (2023) Penguatan moderasi beragama bagi mahasiswa program studi Pendidikan Agama Islam UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2119201_AFFANILLAH AULIA KHOIRIL AFFA BAB I-V.pdf

Download (3MB)
[img] Text
2119201_AFFANILLAH AULIA KHOIRIL AFFA FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh riset terbaru yang menyatakan bahwa potensi radikalisme di dunia maya banyak ditemukan pada generasi muda. Oleh karenanya moderasi beragama hadir dalam rangka mengatasi permasalahan tersebut. Moderasi beragama didefinisikan sebagai cara beragama yang tengah- tengah. Program studi Pendidikan Agama Islam UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan berperan serta dalam upaya penguatan moderasi beragama guna menciptakan mahasiswa yang moderat. Rumusan masalah penelitian adalah: bagaimana pemahaman moderasi beragama mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan? Bagaimana penguatan moderasi beragama mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan? Bagaimana implikasi penguatan moderasi beragama bagi mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan? Tujuan: Untuk menganalisis pemahaman moderasi beragama mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan, untuk menganalisis penguatan moderasi beragama mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan, dan untuk menemukan implikasi penguatan moderasi beragama mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan. Kegunaan: Memperkaya khazanah kajian mengenai penguatan moderasi beragama bagi mahasiswa. Penelitian ini menggunakan penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif di mana peneliti dalam melakukan penelitiannya menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi. Sumber data primer memuat mahasiswa Pendidikan Agama Islam, pengelola program studi Pendidikan Agama Islam, dan dosen-dosen. Adapun sumber sekunder berasal dari kajian dan kegiatan yang dilakukan oleh Program studi Pendidikan Agama Islam UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman moderasi beragama mahasiswa Pendidikan Agama Islam sudah cukup baik. Hal ini didukung dengan penguatan moderasi beragama yang dilakukan melalui kuliah umum bertema moderasi beragama, proses pembelajaran mata kuliah moderasi beragama serta melalui mata kuliah PPL dan KKL. Kegiatan tersebut memberikan implikasi berupa pemahaman mahasiswa yang moderat dan toleran.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSyaifuddin, MohammadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Penguatan, Moderasi Beragama, Mahasiswa
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Khusnu Asirah
Date Deposited: 20 Feb 2024 03:49
Last Modified: 20 Feb 2024 03:49
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/7157

Actions (login required)

View Item View Item