Rohmah, Fatihah Nur (2023) Implikasi pembiasaan aktivitas keagamaan terhadap kedisiplinan siswa program full day school di SMP Islam Al Bayan Wiradesa. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
2119236_FATIHAH NUR ROHMAH BAB I-V.pdf Download (5MB) |
|
Text
2119236_FATIHAH NUR ROHMAH FULL TEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) |
Abstract
Aktivitas keagamaan dapat dijadikan sebagai sarana dalam membentuk kedisiplinan siswa yakni dengan melakukan shalat Dhuha, pembacaan Asmaul Husna, pembacaan shalawat nariyah, dan mengaji dengan sistem halaqah yang mana empat model aktivitas keagamaan tersebut memiliki legalitas hukum yang valid baik dari Al Qur’an maupun Al Hadits. Adapun rumusan masalah pada penelitian ini adalah : (1) Bagaimana pelaksanaan aktivitas keagamaan siswa program full day school di SMP Islam Al Bayan? (2) Apa saja dimensi yang menjadi tolak ukur kedisiplinan siswa program full day school di SMP Islam Al Bayan ? (3) Bagaimana implikasi pembiasaan aktivitas keagamaan terhadap kedisiplinan siswa program full day school di SMP Islam Al Bayan? Tujuan penelitian ini untuk (1) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan aktivitas keagamaan siswa program full day school di SMP Islam Al Bayan. (2) Untuk mendeskripsikan apa saja dimensi yang menjadi tolak ukur kedisiplinan siswa program full day school di SMP Islam Al Bayan. 3) Untuk mendeskripsikan implikasi pembiasaan aktivitas keagamaan terhadap kedisiplinan siswa program full day school di SMP Islam Al Bayan Wiradesa Pekalongan. Kegunaan Teoritis (1) Penelitian ini digunakan sebagai penambah pengetahuan, pengalaman, wawasan dan keterampilan yang mengakar mengenai aktivitas keagamaan terhadap kedisiplinan. Kegunaan Praktis (1) Hasil penelitian ini dapat dijadikan bahan bacaan dan referensi serta dapat memberi gambaran mengenai implikasi pembiasaan aktivitas keagamaan terhadap kedisiplinan. Jenis Penelitian yang penulis gunakan ialah penelitian lapangan atau disebut field research. Adapun pendekatan yang penulis gunakan ialah pendekatan kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan di antaranya : observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : Pelaksanaan aktivitas keagamaan yang diadakan oleh SMP Islam Al Bayan Wiradesa merupakan kegiatan wajib yang harus diikuti oleh seluruh siswa-siswi mulai dari kelas VII sampai dengan kelas IX. Mengingat bahwa pembiasaan harus dilakukan secara disiplin, terus menerus dan berulang-ulang, sehingga menjadi suatu kebiasaan yang otomatis. Kedisiplinan sangat penting dalam menjalani kehidupan ini terutama di lingkungan sekolah. Dengan adanya kedisiplinan dan aturan dalam kehidupan tentunya siswa dapat mengendalikan, mengembangkan dirinya dan mengontrol dirinya dengan baik. Implikasi aktivitas keagamaan terhadap kedisiplinan siswa di SMP Islam Al Bayan Wiradesa sebagai berikut: 1) Timbulnya ketaatan dalam diri siswa 2) Lahirnya konsistensi dalam menjalankan tata tertib yang berlaku di sekolah 3) Tertib terhadap norma dan nilai nilai yang dijunjung tinggi di sekolah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Pembiasaan, Aktivitas Keagamaan, Kedisiplinan | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | Khusnu Asirah | ||||||||
Date Deposited: | 20 Feb 2024 04:14 | ||||||||
Last Modified: | 20 Feb 2024 04:19 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/7158 |
Actions (login required)
View Item |