Upaya guru dalam menanamkan karakter religius berbasis nilai-nilai Pendidikan Agama Islam pada peserta didik di SD Negeri Karangdowo

Wijayanti, Nurma (2023) Upaya guru dalam menanamkan karakter religius berbasis nilai-nilai Pendidikan Agama Islam pada peserta didik di SD Negeri Karangdowo. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2119253_NURMA WIJAYANTI BAB I-V.pdf

Download (5MB)
[img] Text
2119253_NURMA WIJAYANTI FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Religius adalah sikap dan perilaku yang patuh dalam melaksanakan ajaran agama yang dianutnya, toleran terhadap pelaksaan ibadah agama lain, dan hidup rukun dengan pemeluk agama lain. Pengembangan karakter religius sangat penting dikembangkan sejak usia dini. Untuk mencapai penanaman karakter religius anak perlu menanamkan terlebih dahulu aspek-aspek yang ada dalam karakter religius yaitu aspek nilai ibadah, aspek nilai aqidah dan aspek nilai akhlak. Fakta ditemukan bahwa peserta didik di SD Negeri Karangdowo ada yang sudah cukup baik karakter religiusnya dan ada pula sebagian anak yang masih kurang dalam menanamkan karakter religiusnya seperti ketika berdoa berbicara sendiri, bertengkar dan masih banyaklagi. Tujuan Penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui upaya guru dalam menanamkan karakter religius pada aspek nilai ibadah pada peserta didik di SD Negeri Karangdowo (2) untuk mengetahui upaya guru dalam menanamkan karakter religius pada aspek nilai aqidah pada peserta didik di SD Negeri Karangdowo (3) Untuk mengetahui upaya guru dalam menanamkan karakter religius pada aspek nilai akhlak pada peserta didik di SD Negeri Karangdowo (4) untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat dalam menanamkan karakter religius berbasis nilai-nilai Pendidikan agama islam pada peserta didik di SD Negeri Karangdowo. Pendekatan penelitian yang diterapkan adalah penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan teknik Miles dan Hubberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dari analisis data dapat disimpulkan bahwa 1) Upaya guru dalam menanamkan karakter religius pada aspek nilai ibadah pada peserta didik di SD Negeri Karangdowo melalui a) Pengetahuan agama tentang sholat, puasa, zakar, haji, kisah islami, b) Kegiatan perayaan agama islam seperti kegiatan isra’ mi’raj dan maulid nabi, c) Praktek sholat, dan wudhu, 2) Upaya guru dalam menanamkan karakter religius pada aspek nilai aqidah pada peserta didik di SD Negeri Karangdowo melalui a) Kegiatan pembiasaan hafalan asmaul khusna dan ayat kursi, b) Pengenalan tentang nama kitab-kitab, rukun islam, rukun iman, nama malaikat-malaikat, surga dan neraka, 3) Upaya guru dalam menanamkan karakter religius pada aspek nilai akhlak pada peserta didik di SD Negeri Karangdowo melalui pemberian keteladanan yaitu guru berusaha menjadi suri tauladan yang baik bagi peserta didik dari bertutur kata, berperilaku, dan berpenampilan 4) Faktor pendukung dalam menanamkan karakter religius berbasis nilai-nilai Pendidikan agama islam pada peserta didik di SD Negeri Karangdowo yaitu, a) Adanya kesadaran masyarakat dan lingkungan sekolah betapa pentingnya menanamkan karakter religius pada peserta didik b) Adanya muatan pendidikan karakter dalam kurikulum sekolah, c) Adanya dukungan komite sekolah, orang tua peserta didik, masyarakat sekitar, d) Adanya sarana dan prasarana yang menunjang serta fasilitas ibadah, sehingga kegiatan keagamaan tidak hanya dilakukan di kelas, melainkan pembelajaran PAI dilakukan di ruang ibadah yang telah disediakan, 5) Faktor penghambat dalam menanamkan karakter religius berbasis nilai-nilai Pendidikan agama islam pada peserta didik di SD Negeri Karangdowo yaitu, a) Masih kurangnya orang tua dalam mendidik anaknya khususnya dalam bidang keagamaan, b) Kegiatan pembiasaan keagamaan tidak dilakukan secara rutin c) Kurangnya perhatian orang tua dalam hal akhlak dan sopan santun, d) Faktor ekonomi.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorRini, JuwitaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Guru, Karakter Religius, Peserta Didik
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Khusnu Asirah
Date Deposited: 20 Feb 2024 07:05
Last Modified: 20 Feb 2024 07:05
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/7161

Actions (login required)

View Item View Item