Hilmina, Nida Fitri (2023) Implementasi metode murajaah, tasmi’ dan halaqah dalam menjaga hafalan al-Qur’an di Pondok Pesantren al-Qur’an Buaran Asy-Syafi’i Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
2119274_NIDA FITRI HILMINA BAB I-V.pdf Download (6MB) |
|
Text
2119274_NIDA FITRI HILMINA FULL TEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (7MB) |
Abstract
Menghafal al-Qur’an merupakan tanggungjawab yang besar, selain tekad dan istiqomah diperlukan metode dalam menjaga hafalan agar hafalan melekat dalam hati. Metode dalam menjaga hafalan diantaranya murajaah, tasmi’ dan halaqah. Pondok pesantren al-Qur’an Buaran Asy-Syafi’i Pekalongan yang merupakan salah satu pondok pesantren tertua di pekalongan yang sempat vakum dan mulai aktif kembali yang sekarang telah menerapkan metode murajaah, tasmi’ dan halaqah yang dimana sebelumnya hanya menerapkan metode murajaah yang belum begitu ketat sehingga saat itu hafalan santri menjadi lemah. Dengan ini peneliti menggali bagaimana implementasi metode murajaah, tasmi’ dan halaqah dalam menjaga hafalan al-Qur’an di pondok pesantren al-Qur’an Buaran Asy-Syafi’i. Berdasarkan latar belakang di atas, maka peneliti merumuskan rumusan masalah sebagai berikut 1) Bagaimana implementasi metode murajaah, tasmi’ dan halaqah di pondok pesantren al-Qur’an Buaran Asy-Syafi’i Pekalongan?, 2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi metode murajaah, tasmi’ dan halaqah di pondok pesantren al-Qur’an Buaran Asy-Syafi’i Pekalongan? Tujuan penelitian ini dilakukan agar pembaca mengetahui implementasi metode murajaah, tasmi’ dan halaqah di pondok pesantren al-Qur’an Buaran Asy-Syafi’i serta faktor pendukung dan penghambatnya. Jenis penelitian yang digunakan berupa penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data penelitian berupa sumber data primer pengasuh, ustadz, koordinator tahfiz, santri tahfiz dan sumber data sekunder pengurus pondok, alumni, serta data observasi dan dokumentasi. Analisis yang digunakan melalui merangkum data atau memfokuskan pada hal-hal yang penting, menyajikan data supaya dapat dipahami dan menarik simpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada tiga tahapan dalam implementasi metode murajaah, tasmi’ dan halaqah yaitu tahap perencanaan meliputi segala hal yang berkaitan dengan pelaksanaan metode hingga evaluasi, tahap pelaksanaan dimana santri putra dan putri terdapat sedikit perbedaan dalam waktu dan kebijakan serta tahap evaluasi yang meliputi evaluasi hasil dan proses. Dalam implementasi terdapat faktor pendukung diantaranya kecintaan santri terhadap al-Qur’an, disiplin diri yang tinggi, motivasi santri yang kuat, lingkungan yang kondusif, menggunakan satu jenis mushaf, memahami makna dan ilmu alat. Sedangkan faktor penghambatnya tidak menguasai makhorijul huruf dan tajwid,tidak sabar dan tidak sungguh-sungguh,kondisi fisik yang tidak sehat, serta kurangnya waktu.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Implementasi, Murajaah, Tasmi’, Halaqah | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | Khusnu Asirah | ||||||||
Date Deposited: | 20 Feb 2024 07:41 | ||||||||
Last Modified: | 20 Feb 2024 07:41 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/7167 |
Actions (login required)
View Item |