Penerapan Metode Halaqah dalam Pembelajaran Ilmu Fikih di Pesantren Ali Al Fuadiyyah Kecamatan Bantarbolang Kabupaten Pemalang

Najib, Hamzah Ainun (2023) Penerapan Metode Halaqah dalam Pembelajaran Ilmu Fikih di Pesantren Ali Al Fuadiyyah Kecamatan Bantarbolang Kabupaten Pemalang. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2021116312_M. HAMZAH AINUN NAJIB BAB I-V.pdf

Download (3MB)
[img] Text
2021116312_M. HAMZAH AINUN NAJIB FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi sebab banyak santri sekarang yang lulus dari pesantren belum dapat menguasai secara penuh ilmu-ilmu fikih yang dapat dijadikan pedoman dalam beribadah dan bermuamalah. Santri kesulitan dalam memahami materi yang diterima karena pembelajaran kurang efektif dan menggunakan metode yang biasa saja. Alhasil, hal tersebut dinilai sebagai masalah yang cukup memprihatinkan. Problema lainnya ialah para asatidz di pondok pesantren tak jarang ditemui masih banyak yang belum memahami penerapan metode yang cocok dalam mengajar ilmu fikih. Oleh karena itu, para ustadz memilih metode Halaqah yang diharapkan diterapkannya metode tersebut para santri lebih mampu memahami materi yang disampaikan oleh ustadznya. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan bagaimana penerapan metode halaqah dalam pembelajaran ilmu Fikih di pesantren Ali Al Fuadiyyah kecamatan Bantarbolang kabupaten Pemalang dan Apa saja faktor pendukung dan penghambat penerapan metode halaqah dalam pembelajaran ilmu fikih di pesantren Ali Al Fuadiyyah kecamatan Bantarbolang kabupaten Pemalang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan model penelitian lapangan (field research) yaitu penelitian yang dilakukan di tempat terjadinya gejala-gejala yang diselidiki dan merupakan penelitian yang mendalam. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode halaqah antara lain menciptakan situasi baik , menjaga hati dan lisan untuk menambah fokus dan konsentrasi dalam pembelajaran, memberikan beberapa keterangan tentang suatu pasal dalam kitab ilmu fikih, memberikan peluang bertanya dan sedikit memancing perdebatan ilmiah, dan diakhiri dengan menyimpulkan keseluruhan isi materi. Kemudian untuk faktor pendukung dan faktor penghambat dalam Penerapan metode halaqah dalam pembelajaran ilmu fikih di pesantren Ali Al Fuadiyyah kecamatan Bantarbolang kabupaten Pemalang adalah kemauan santri yang kuat dalam belajar dan sistem penjadwalan yang konsisten menjadi faktor pendukung sedangkan untuk faktor penghambatnya adalah kurangnya media pembelajaran dan kurangnya fasilitas kitab fikih.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorZaeni, AhmadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Metode Halaqah, Ilmu Fikih, Pondok Pesantren
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ida Royani
Date Deposited: 20 Feb 2024 07:35
Last Modified: 20 Feb 2024 07:35
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/7168

Actions (login required)

View Item View Item