Agustin, Fatonah (2023) Strategi guru PAI dalam penguatan pendidikan karakter peserta didik di SMA Negeri 1 Doro kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
2119305_FATONAH AGUSTIN BAB I-V.pdf Download (4MB) |
|
Text
2119305_FATONAH AGUSTIN FULL TEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) |
Abstract
Guru mempunyai peran yang sangat penting dalam usaha penguatan pendidikan karakter peserta didik, begitu pula Guru PAI. Hal itu karena saat ini karakter manusia mengalami kemerosotan moral yang cukup drastis. Dalam melaksanakan perannya guru PAI SMA Negeri 1 Doro Kabupaten Pekalongan mempunyai berbagai strategi dalam penguatan pendidikan karakter. Selain Guru sekolah juga mengadakan kegiatan-kegiatan yang dapat menjadi sebuah wadah atau alat yang esensinya membangun manusia yang baik dan berkarakter. Berdasarkan latar belakang diatas, maka peneliti akan memaparkan beberapa masalah yaitu: 1) Bagaimana bentuk pendidikan karakter di SMA Negeri 1 Doro Kabupaten Pekalongan? 2) Bagaimana strategi guru PAI dalam penguatan pendidikan karakter peserta didik di SMA Negeri 1 Doro Kabupaten Pekalongan? 3) Bagaimana implikasi dari strategi guru PAI dalam penguatan pendidikan karakter peserta didik di SMA Negeri 1 Doro Kabupaten Pekalongan? Penelitian ini bertujuan untuk Mengidentifikasi bentuk pendidikan karakter di SMA Negeri 1 Doro Kabupaten Pekalongan. Mengungkapkan strategi guru PAI dalam penguatan pendidikan karakter peserta didik di SMA Negeri 1 Doro Kabupaten Pekalongan. Menganalisis implikasi dari strategi guru PAI dalam penguatan pendidikan karakter peserta didik di SMA Negeri 1 Doro Kabupaten Pekalongan. Penelitian ini memiliki kegunaan secara teoritis dan praktis. Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus dengan pendekatan kualitatif, data dalam penulisannay menggunakan data primer dari SMA Negeri 1 Doro Kabupaten Pekalongan dan data skunder seperti jurnal serta referensi buku. Sedangkan teknik pengumpulan datanya melalui observasi, wawancara dan dokumentasi dengan tiga tahapan analisis data, yaitu reduksi data, penyajian data dan Penarikan Kesimpulan. Dari Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi guru PAI dalam menguatkan pendidikan karakter dilaksanakan dengan menggunakan bebagai macam metode yaitu metote pengajaran, keteladanan, dan pembiasaan. Sekolah juga mengadakan kegiatan dalam menunjang program penguatan pendidikan seperti ekstrakulikuler pramuka, ekstrakulikuler rohis, kajian keputrian, infaq hari jum’at, kantin kejujuran, dan khataman al-qur’an jum’at kliwon. Implikasi strategi guru pai peserta mempunyai karakter yaitu karakter religius, Nasionalis, Mandiri, Gotong Royong dan Intergritas.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Strategi Guru PAI, Penguatan Pendidikan Karakter, Peserta Didik SMA Negeri 1 Doro | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | Khusnu Asirah | ||||||||
Date Deposited: | 20 Feb 2024 08:39 | ||||||||
Last Modified: | 20 Feb 2024 08:39 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/7173 |
Actions (login required)
View Item |