Nilai-nilai pendidikan islam dalam surat Al-Kahfi Ayat 60-82 menurut M. Quraish Shihab Dalam Tafsir Al-Misbah

Musyafa’, M. (2019) Nilai-nilai pendidikan islam dalam surat Al-Kahfi Ayat 60-82 menurut M. Quraish Shihab Dalam Tafsir Al-Misbah. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
Cover, Bab I - V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/

Abstract

Pendidikan Islam merupakan proses secara sadar yang dilakukan manusia untuk mencapai tujuan utama yaitu kehidupan yang bahagia dunia akhirat berdasarkan nilai-nilai ajaran Islam. Alquran sebagai sumber pokok pendidikan Islam menyajikan kisah-kisah teladan yang bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, salah satu di antaranya yaitu kisah pembelajaran Musa dan Khidir dalam surat al-Kahfi ayat 60-82. Tafsir adalah disiplin ilmu tang bertujuan untuk bisa memahami maksud dari Alquran. Tafsir al-Misbah merupakan karya seorang mufassir kontemporer, sehingga penafsirannya kerap dijadikan rujukan untuk mencari solusi dalam menghadapi masalah sekarang ini. Rumusan masalah berdasarkan latar belakang di atas adalah pertama, Bagaimana penafsiran M. Quraish Shihab dalam mengkaji surat al-Kahfi ayat 60-82?Kedua, Apa nilai-nilai pendidikan Islam surat al-Kahfi ayat 60-82 menurut M. Quraish Shihab dalam tafsir al-Mishbah? Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitiannya adalah penelitian kepustakaan (Library research), teknik pengumpulan datanya dengan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah Content Analysis, yakni investigasi tekstual melalui analisis ilmiah terhadap isi peran suatu komunikasi, khususnya isi peran komunikasi yang terungkap dalam media cetak atau buku. Hasil penelitiannya adalah penafsiran M. Quraish Shihab tentang surat al-Kahfi ayat 60-82 dalam tafsir al-Mishbah yaitu, metode penafsiran yang gunakan adalah metode tahlili, yaitu dengan cara menjelaskan isi kandungan ayat satu per satu, menjelaskan secara detail peristiwa per ayat. Pada penafsirannya, Quraish Shihab sering mengaitkan peristiwa atau kata dalam ayat secara jelas sehingga kisah pada ayat terkesan runtut dan logis. Begitu pula dengan kisah Musa dan Khidir, Quraish Shihab menceritakan dengan runtut dan jelas sejak awal hingga akhir. Nilai-nilai pendidikan Islam surat al-Kahfi ayat 60-82 dalam tafsir al-Mishbah adalah sebagai berikut: Pertama, Nilai-nilai pendidikan Islam secara umum yaitu tentang perintah menuntut ilmu sepanjang masa, supaya setiap umat manusia tidak memiliki sifat sombong untuk belajar kepada siapapun dan tidak cepat puas atas ilmu yang dimilik. Kedua, Nilai-nilai pendidikan Islam untuk peserta didik ialah tentang akhlak seorang pelajar yang harus dimiliki, yaitu kegigihan, sifat rasa ingin tahu, kesopanan, dan siap berguru pada siapapun tanpa memandang pangkat dan derajat. Ketiga, Nilai-nilai pendidikan Islam untuk pendidik ialah tentang strategi atau metode dalam pembelajaran yang bisa meningkatkan semangat belajar siswa. Selain itu seorang pendidik juga harus mempunyai sifat sabar dan tegas, sabar atas ketidaktahuan siswa dan tegas atas ketidakdisiplinan siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorBasith, AbdulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Nilai Pendikan Islam, Surat Al-Kahfi, Tafsir Al-Misbah.
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Rizi Jawani
Date Deposited: 15 Jun 2020 03:43
Last Modified: 15 Jun 2020 03:43
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/718

Actions (login required)

View Item View Item