Penerapan penilaian autentik pada mata pelajaran fikih bab shalat kelas VII di MTs Ma’arif NU Sragi kabupaten Pekalongan

Ameliah, Munah (2023) Penerapan penilaian autentik pada mata pelajaran fikih bab shalat kelas VII di MTs Ma’arif NU Sragi kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2119351_MUNAH AMELIAH BAB I-V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2119351_MUNAH AMELIAH FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya wawancara secara langsung dengan pihak sekolah bahwa guru masih kesulitan dalam mengimplementasikan penilaian autentik pada proses pembelajaran. Padahal kurikulum 2013 guru dituntut untuk menilai pengetahuan, keterampilan, dan sikap siswa. Realita di atas pastinya akan berdampak dalam penerapan penilaian autentik di MTs Ma’arif NU Sragi khususnya untuk pembelajaran Fikih bab shalat karena pada bab tersebut sangat penting bagi anak usia MTs yang sudah wajib melakukan shalat dengan baik dan benar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : 1. Bagaimana penerapan penilaian autentik pada mata pelajaran Fikih bab shalat kelas VII di MTs Ma’arif NU Sragi Kebupaten Pekalongan?. 2 Apa saja faktor yang mempengaruhi penerapan penilaian autentik pada mata pelajaran Fikih bab shalat kelas VII di MTs Ma’arif NU Sragi Kebupaten Pekalongan?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan mengenai penilaian autentik pada mata pelajaran Fikih bab shalat kelas VII di MTs Ma’arif NU Sragi dan untuk mendeskripsikan faktor pendukung serta faktor penghambat dalam penilaian autentik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data dalam penelitian ini adalah kondensasi data, penyajian data (data display), dan penarikan kesimpulan (conclusions drawing). Hasil penelitian tersebut menunjukkan Penerapan penilaian autentik mata pelajaran Fikih bab shalat kelas VII di MTs Ma’arif NU Sragi Pekalongan sudah terlaksana dengan cukup baik, mulai dari perencanaan, pelaksanaan serta pengelolaan dan pelaporan hasil penilaian autentik. Dalam penerapanya teknik dan instrumen penilaian dalam kurikulum 2013 yang diterapkan pada mata pelajaran Fikih di MTs Ma’arif NU Sragi meliputi kognitif (tes tertulis dan tes lisan), afektif (observasi guru selama pembelajaran) dan psikomotorik (praktek shalat dan tugas kelompok). Faktor pendukung dalam penilaian autentik meliputi kompetensi yang dimiliki oleh guru, kesiapan peserta didik, terwujudnya lingkungan belajar yang kondusif, dan adanya sarana prasarana yang memadai. Selain faktor pendukung, ada juga faktor penghambat terkait guru merasa aspek atau ranah yang dinilai terlalu banyak, banyaknya teknik yang harus digunakan, ketersediaan alokasi waktu yang kurang. Dari faktor pendukung dan penghambat yang ditemukan, diharapkan dapat dijadikan evaluasi untuk ke depannya oleh para guru.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorAini, RofiqotulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Penilaian Autentik, fikih, shalat
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Khusnu Asirah
Date Deposited: 22 Feb 2024 04:27
Last Modified: 22 Feb 2024 04:27
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/7216

Actions (login required)

View Item View Item