Aini, Firda Maula (2022) Praktik Kerjasama Waralaba Dalam Perspektif Hukum Ekonomi Syariah (Studi Kasus Di Gopal Kebab Doro Kabupaten Pekalongan). Undergraduate Thesis thesis, UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
1217103-Bab1&5.pdf Download (3MB) |
|
Text
1217103-fulltext.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Aini, Firda Maula. (1217103). 2022. “Praktik Kerjasama Waralaba dalam Perspektif Hukum Ekonomi Syariah (Studi Kasus di Gopal Kebab Doro Kabupaten Pekalongan)”. Skripsi Fakultas Syariah. Jurusan Hukum Ekonomi Syariah. Pembimbing Dr. Ali Muhtarom, M.H.I. Kerjasama waralaba merupakan perjanjian antara pewaralaba dengan terwaralaba dimana pihak pewaralaba memberikan lisensi atas merek dagang untuk pihak terwaralaba, kemudian terwalaba memberikan modalnya berupa uang sebagai imbalan atas lisensi yang diperoleh. Kerjasama waralaba merupakan ekspansi dari syirkah. Waralaba semakin berkembang dikalangan masyarakat menengah, terlebih dengan banyaknya penawaran pembebasan royalti akan semakin menarik minat masyarakat. Royalti merupakan biaya yang harus dikeluarkan oleh terwaralaba dalam waktu tertentu sebagai imbalan atas bantuan operasional yang diberikan oleh pewaralaba, dalam syirkah biaya royalti biasanya disebut dengan pembagian keuntungan (profit sharing). Sebagai negara dengan mayoritas penduduk beragama muslim, dengan adanya perkembangan dalam sistem waralaba tersebut maka perlu mengkaji mengenai adanya pembebasan royalti dalam sistem waralaba. Dalam memperoleh data, penelitian ini termasuk dalam penelitian lapangan (field research), peneliti terlibat langsung dalam pengumpulan data yang diperoleh dari wawancara dengan informan. Setelah memperoleh data dari lapangan, kemudian peneliti mengolah dan menganalisis data tersebut menggunakan metode penelitian kualitatif. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif. Dari hasil penelitian, Dalam pelaksanaan kerjasama waralaba gopal kebab ini menggunakan jenis waralaba format bisnis, hal ini dapat dilihat dari penggunaan merek, logo, produk, serta standar operasional prosedur yang sesuai dengan bisnis gopal kebab. dalam kerjasama tersebut, penulis menemukan sebab atas peniadaan royalty fee ataupun profit sharing dalam kerjasama waralaba ini, hal tersebut sesuai dengan teori syirkah yang tidak bertentangan dengan syariat.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: Kerjasama, Bisnis Waralaba, Syirkah | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X4.2 Muamalat, Muamalah 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 340 Law (Ilmu Hukum) > 343.07 Regulation of Economic Activity/Regulasi Ekonomi, Peraturan Kegiatan Ekonomi, Hukum Industri |
||||||||
Divisions: | Fakultas Syariah > Prodi Hukum Ekonomi Syariah | ||||||||
Depositing User: | Ari Sugeng | ||||||||
Date Deposited: | 22 Feb 2024 06:41 | ||||||||
Last Modified: | 22 Feb 2024 06:41 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/7247 |
Actions (login required)
View Item |