Tinjauan Hukum Islam Terhadap Praktik Persaingan Usaha di Marketplace Shopee Pada Hari-Hari Istimewa

Sa'adah, Naili (2023) Tinjauan Hukum Islam Terhadap Praktik Persaingan Usaha di Marketplace Shopee Pada Hari-Hari Istimewa. Undergraduate Thesis thesis, Universitas Islam Negeri K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
1219004-Bab1&5.pdf

Download (10MB)
[img] Text
1219004-Fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (17MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Persaingan usaha adalah suatu kegiatan yang dilakukan oleh dua usaha atau lebih yang terlibat dalam upaya saling mengungguli. Hal ini berkaitan dengan permasalahan praktik persaingan usaha yang ada di marketplace shopee pada saat hari-hari istimewa, dalam praktiknya banyak para seller yang menjual produknya di bawah harga pasaran. Di kalangan para pesaing ini banyak yang melakukan perlombaan dalam bisnisnya, seperti mereka yang memakai taktik dengan melakukan perang harga, perang iklan dan menaikkan pelayanan kepada calon pelanggan. Dengan adanya hal tersebut terkadang pelaku usaha ini melakukan tindakannya tidak jujur atau terjadi perjanjian tertutup/diam-diam. Dalam hal ini, maka bisa dapat menyebabkan persaingan usaha itu menjadi tidak sehat antar pelaku usaha atau seller lainnya. Sedangkan di dalam Hukum Islam, penetapan dibawah harga pasaran itu tidak diperbolehkan. Oleh karena itu, penting untuk menjawab bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap praktik persaingan usaha yang terjadi di marketplace shopee pada saat hari-hari istimewa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan praktik persaingan yang terjadi di marketplace shopee pada saat hari-hari istimewa yang di tinjauan dari hukum Islam. Metode penelitian yang digunakan dalam jenis penelitian ini adalah penelitian yuridis mpiris, dengan menggunakan pendekatan kualitatif. pengumpulan data dilakukan menggunakan metode wawancara dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini ada dua yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Kemudian teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis model Miles and Huberman model ini dilakukan dengan cara menganalisis data kualitatif secara interaktif dan berlanjut secara terus menerus sampai tuntas. Hasil penelitian ini menunjukann bahwa praktik persaingan usaha di marketplace shopee pada saat hari-hari istimewa adalah hukumnya sah selama prinsip jual beli yang dilakukan seller tidak bertentangan dengan Hukum Islam, hal ini telah ditetapkan dalam teori-teori persaingan usaha menurut Hukum Islam, yang meliputi Suq Al-Munafasah Al-Ihtikariyyah, Suq Ihtikar Al-Qillah, Ittihad, I’timan, At-Tas’ir, Mu’amarah Al-Munaqishat, Syirkah Qabidhah. Kemudian di dalam Islam telah dijelaskan bahwa melakukan bisnis itu tidak hanya akan mendatangkan keuntungan berupa materi saja, namun juga akan mendatangkan berkah atas rezeki yang diperoleh, semata-mata dari Allah swt. harus bersikap jujur kepada pembeli mengenai barang yang dijual, memberikan kualitas barang yang baik dan tidak menyembunyikan cacat pada barang yang dapat merugikan pembeli.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorFateh, MohammadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Hukum Islam, Marketplace, Persaingan usaha, Shopee.
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X4.2 Muamalat, Muamalah
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 340 Law (Ilmu Hukum) > 343.07 Regulation of Economic Activity/Regulasi Ekonomi, Peraturan Kegiatan Ekonomi, Hukum Industri
Divisions: Fakultas Syariah > Prodi Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Ridho Aji Anggana
Date Deposited: 23 Feb 2024 08:17
Last Modified: 23 Feb 2024 08:17
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/7277

Actions (login required)

View Item View Item