Perilaku bisnis pengusaha konveksi dalam tinjauan etika bisnis Islam (Studi di desa Botekan kec. Ulujami kab. Pemalang)

Aeni, Nur (2017) Perilaku bisnis pengusaha konveksi dalam tinjauan etika bisnis Islam (Studi di desa Botekan kec. Ulujami kab. Pemalang). Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
2013112057 NUR AENI BAB I, V, LAMP_1.PDF

Download (8MB)
[img] Text
2013112057 NUR AENI BAB I - V FULL TEXT_1.PDF
Restricted to Registered users only

Download (22MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Perilaku bisnis sangat menentukkan apakah usaha yang dilakukan akan berkembang atau sebaliknya usaha tersebut berhenti. Melihat fenomena bahwa di Desa Botekan bisnis konveksi sangat berkembang. Maka perlu adanya penelitian mengenai perilaku bisnis pengusaha konveksi Desa Botekan. Perilaku tersebut ditinjau dari sudut pandang etika bisnis Islam, untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi faktor tersebut dan apakah perilaku bisnis tersebut sesuai atau tidak dengan ajaran yang mereka anut yaitu Islam. Jenis Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi Teknik pemeriksaan keabsahan data, meliputi perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan triangulası Teknik analisis data meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian dan verifikası. Hasil penelitian ini adalah bahwa Pengusaha Konveksi dalam menjalankan usahanya, ada yang sesuai dengan etika bisnis Islam dan ada pula yang tidak sesuai dengan etika bisnis Islam. Perilaku bisnis yang tidak sesuai dengan etika bisnis Islam yaitu meminjam modal usaha dengan cara mengambil kredit di bank konvensional. Faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku bisnis tersebut adalah menganggap bahwa bunga bank bukanlah riba yang diharamkan oleh agama Islam, membuang limbah ke sungai dianggap tidak berbahaya. Sedangkan perilaku bisnis yang sesuai dengan etika bisnis Islam yaitu menjual baju dan celana jeans yang kualitasnya bagus, mengupah karyawan (buruh) tepat waktu dan sebesar yang telah disepakatı bersama antara pekerja dengan pengusaha, membayar zakat dan diberikan kepada fakir miskin di sekitar tempat tinggal pengusaha serta menghindari bunga bank konvensional. Faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku tersebut adalah keuntungan, budaya pengupahan, dan menjalankan perintah Agama.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorAenurofik, AenurofikUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Perilaku Bisnis, Pengusaha Konveksi Desa Botekan, Etika Bisnis Islam
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X6.3 Ekonomi Islam, Sistem Ekonomi Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 330 Economics/Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Ekonomi Syariah
Depositing User: Khusnu Asirah
Date Deposited: 24 Feb 2024 06:23
Last Modified: 24 Feb 2024 06:23
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/7286

Actions (login required)

View Item View Item