Efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe number head together (NHT) berbantuan alat peraga plakat dalam meningkatkan kemampuan pemahaman matematis siswa pada materi perpangkatan dan bentuk akar di MTs Syarif Hidayah Doro

Putri, Annisya Nurul Hikmah Moenawar (2024) Efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe number head together (NHT) berbantuan alat peraga plakat dalam meningkatkan kemampuan pemahaman matematis siswa pada materi perpangkatan dan bentuk akar di MTs Syarif Hidayah Doro. Undergraduate Thesis thesis, UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2619110_COVER_BAB I DAN BAB V.Pdf

Download (1MB)
[img] Text
2619110_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Model pembelajaran kooperatif dapat menjadi pilihan untuk meningkatkan pemahaman matematis siswa. Model pembelajaran kooperatif memiliki banyak tipe, salah satunya yaitu tipe Number Head Together (NHT). Selain menggunakan model pembelajaran ini, juga dibantu dengan menggunakan alat peraga plakat. Fungsi alat peraga ini untuk membantu siswa dalam memahami sifat-sifat bilangan berpangkat. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together (NHT) berbantuan alat peraga plakat efektif terhadap kemampuan pemahaman matematis siswa pada materi perpangkatan dan bentuk akar di MTs Syarif Hidayah Doro. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis efektivitas penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together (NHT) berbantuan alat peraga plakat dalam meningkatkan kemampuan pemahaman matematis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian pretest-posttest control group desain. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX MTs Syarif Hidayah Doro, sedangkan sampelnya adalah siswa kelas IX A sebanyak 32 siswa sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas IX C sejumlah 36 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Serta analisis data yang digunakan yaitu uji Mann Whitney untuk menguji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelas eksperimen memiliki rata-rata nilai lebih tinggi dibanding kelas kontrol dengan nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 84,34 dan kelas kontrol sebesar 70,92. Berdasarkan uji Mann Whitney diperoleh nilai signifikansi 0,000 < 0,05 yang berarti H_0 ditolak dan H_a diterima. Maka dapat dikatakan terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together (NHT) berbantuan alat peraga plakat efektif dalam meningkatkan kemampuan pemahaman matematis siswa pada materi perpangkatan dan bentuk akar di MTs Syarif Hidayah Doro.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorNalim, NalimUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif, Number Head Together (NHT), Alat Peraga Plakat, Kemampuan Pemahaman Matematis, Perpangkatan dan Bentuk Akar.
Subjects: 500 NATURAL SCIENCE AND MATHEMATICS (ILMU PENGETAHUAN DAN MATEMATIKA) > 510 Mathematics (Matematika) > 510 Mathematics/Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris Matematika
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 05 Mar 2024 03:30
Last Modified: 25 Apr 2024 03:43
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/7332

Actions (login required)

View Item View Item