Peran guru dalam pembiasaan tadarus Al-Qur’an untuk menumbuhkan cinta Al-Qur’an siswa di SMP Salafiyah Pekalongan

Kurniawati, Septi Aditia (2018) Peran guru dalam pembiasaan tadarus Al-Qur’an untuk menumbuhkan cinta Al-Qur’an siswa di SMP Salafiyah Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
Cover, Bab I - V.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
Official URL: https://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/

Abstract

Pembiasaan tadarus Al-Qur’an di SMP Salafiyah Pekalongan merupakan salah satu upaya menumbuhkan cinta Al-Qur’an siswa sebagai upaya untuk pembiasaan siswa dalam bertadarus Al-Qur’an, meningkatkan iman dan taqwa serta menanamkan moral yang baik. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah tadarus Al-Qur’an berperan dalam menumbuhkan cinta Al-Qur’an siswa, bagaimana peran guru dalam menumbuhkan cinta Al-Qur’an siswa di SMP Salafiyah Pekalongan dan faktor-faktor apa saja yang mendukung dan menghambat kegiatan tadarus Al-Qur’an dalam menumbuhkan motivasi cinta Al-Qur’an siswa di SMP Salafiyah Pekalongan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran pembiasaan tadarus Al-Qur’an dalam menumbuhkan cinta Al-Qur’an siswa di SMP Salafiyah Pekalongan, untuk mengetahui bagaimana peran guru dalam pembiasaan tadarus Al-Qur’an untuk menumbuhkan cinta Al-Qur’an siswa di SMP Salafiyah Pekalongan, dan untuk mengetahui faktor-faktor yang mendukung dan menghambat dari kegiatan tadarus Al-Qur’an dalam menumbuhkan cinta Al-Qur’an siswa di SMP Salafiyah Pekalongan. Metodologi dalam penelitian ini adalah kualitatif dan jenis penelitiannya adalah penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan adalah dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Jenis analisis datanya adalah analisa deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembiasaan tadarus Al-Qur’an dalam menumbuhkan cinta Al-Qur’an siswa di SMP Salafiyah Pekalongan berjalan dengan baik. Adapun peran pembiasaan tadarus Al-Qur’an dalam menumbuhkan cinta Al-Qur’an yaitu dilakukan dengan cara memotivasi, membimbing, memfasilitasi, dan mengevaluasi untuk siswa. Peran pembiasaan tadarus Al-Qur’an dalam menumbuhkan cinta Al-Qur’an siswa di SMP Salafiyah Pekalongan dipengaruhi oleh dua faktor pertama faktor pendukung yang mempengaruhi pembiasaan tadarus Al-Qur’an yaitu adanya motivasi dan dukungan guru, orang tua, motivasi dalam diri siswa. Kedua faktor penghambat pembiasaan tadarus Al-Qur’an yaitu perbedaan daya pikir anak, adanya siswa yang membacanya belum lancar, adanya sebagian siswa yang kurang minat dalam mengikuti pembiasaan Al-Qur’an baik itu membaca Al-Qur’an maupun menghafalkannya, adanya latar belakang siswa pendidikan siswa yang berbeda, dan adanya pendidikan agama orang tua yang kurang bagus sehingga orang tua tidak bisa menjadi tempat bertanya anak-anak.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorKhobir, AbdulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pembiasaan Tadarus Al-Qur'an, Cinta Al-Qur'an
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Khusnu Asirah
Date Deposited: 16 Jun 2020 03:45
Last Modified: 16 Jun 2020 03:45
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/740

Actions (login required)

View Item View Item