Pengaruh model pembelajaran quantum teaching berbantuan lembar kerja siswa terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis pada materi bangun ruang sisi datar siswa kelas viii SMPN 3 Ketanggungan

Fauzah, Ma’rifatun (2024) Pengaruh model pembelajaran quantum teaching berbantuan lembar kerja siswa terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis pada materi bangun ruang sisi datar siswa kelas viii SMPN 3 Ketanggungan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2620076_Cover_Bab I dan Bab V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2620076_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Matematika menjadi salah satu mata pelajaran yang sering kali menjadi momok menakutkan bagi siswa, terutama dalam hal pemecahan masalah. Pemecahan masalah matematis memerlukan keterampilan berpikir yang logis, sistematis, dan kritis. Keberhasilan pembelajaran tergantung pada model pembelajaran apa yang digunakan guru. Model pembelajaran diusahakan sedemikian rupa agar kegiatan belajar mengajar menjadi menarik, sehingga siswa memiliki semangat belajar yang tinggi. Model pembelajaran Quantum Teaching adalah cara baru untuk menyediakan pembelajaran yang menggabungkan unsur seni dan tujuan pencapaian di semua mata pelajaran. Masalah utama penelitian ini ialah tentang kemampuan pemecahan masalah matematis siswa terutama pada soal cerita yang terhambat pada proses analisis, penalaran, dan ketika menghadapi permasalahan baru. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Quantum Teaching berbantuan lembar kerja siswa. Penelitian diharap berguna di bidang pendidikan pada kajian maupun praktik terkait kemampuan pemecahan masalah. Penelitian ini berbentuk eksperimen semu (quasi experimental) dengan desain nonequivalent control group design dan jenis pendekatan penelitian kuantitatif. Kelas VIII B dan VIII H SMPN 3 Ketanggungan diambil sebagai sampel melalui purposive sampling dari seluruh populasi kelas VIII. Instrumen yang digunakan yaitu pre-test dan post-test serta dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan merupakan serangkaian uji statistik yang meliputi uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelas eksperimen memiliki rata-rata nilai lebih tinggi dibanding kelas kontrol. Berdasarkan independent samples t-test berkesimpulan bahwa model pembelajaran Quantum Teaching berbantuan lembar kerja siswa memiliki perbedaan yang signifikan terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorKhobir, AbdulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Quantum Teaching, Lembar Kerja Siswa, Pemecahan Masalah Matematis.
Subjects: 500 NATURAL SCIENCE AND MATHEMATICS (ILMU PENGETAHUAN DAN MATEMATIKA) > 510 Mathematics (Matematika) > 510 Mathematics/Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris Matematika
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 15 Mar 2024 02:27
Last Modified: 25 Apr 2024 03:58
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/7435

Actions (login required)

View Item View Item