Pembentukan brand image pondok pesantren Salafiyah Nurul Huda Simbang Kulon di era modern

Syari'ah, Qoidatus (2024) Pembentukan brand image pondok pesantren Salafiyah Nurul Huda Simbang Kulon di era modern. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
3420055_COVER_BAB I & BAB V.pdf

Download (4MB)
[img] Text
3420055_FULL TEXT .pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Skripsi dengan judul Pembentukan Brand Image Pondok Pesantren Salafiyah Nurul Huda Simbang Kulon di Era Modern, berusaha untuk mencari tahu brand image pondok pesantren Nurul Huda Simbang Kulon. Mencari tahu bagaimana proses pembentukan brand image Pesantren Nurul Huda Simbang Kulon dan peranan brand image dalam keberlangsungan pesantren Nurul Huda Simbang Kulon di era modern. Adapun manfaat dari penelitian ini yakni secara praktis penelitian ini bermanfaat untuk memberikan referensi bagi pesantren lainnya agar dapat menerapkan strategi yang sama untuk mempertahankan citra Pesantren dimasyarakat dengan tetap menerapkan metode Pondok Pesantren Salafiyah. Sedangkan akademis bermanfaat untujk mengembangkan ilmu pengetahuan komunikasi serta sebagai bahan referensi dan karya tulis ilmiah yang dapat dijadikan sebagai bahan bacaan. Penelitian ini menggunakan metode lapangan atau field research. Yakni melakukan kajian data dengan mendatangi dan observasi secara langsung di lapangan atau lokasi objek penelitian. Metode analisis yang digunakan adalah metode analisis milik Miles and Hubermen. Dengan pendekatan kualitatif deskriptif, penelitian ini akan menggali data secara mendalam dengan melakukan observasi lapangan dan wawancara kepada beberapa informan. Kemudian data hasil observasi dan wawancara akan diklasifikasikan berdasarkan kepentingan yang selanjutnya disajikan dalam bentuk deskriptif secara rinci hasil dari analisis data yang dilakukan. Pembentukan brand image sebuah lembaga dapat dilihat dari 3 komponen penting yaitu acquisition versus retention atau memfokuskan penjualan kepada pelanggan lama, trust atau kepercayaan dan intensity atau intensitas. Adapun hasil dari penelitian ini yakni dalam proses pembentukan brand image secara aqcuisition versus retention pesantren Nurul Huda Simbang Kulon berhasil mempertahankan santri yang telah menyelesaikan pembelajaran tingkat pertama untuk melanjutkan pembelajaran tingkat selanjutnya di pesantren Nurul Huda An-Najah. Berdasarkan trust atau kepercayaan pesantren Nurul Huda Simbang Kulon mampu membangun kepercayaan kepada masyarakat dan santri dengan memberikan kualitas, kepuasan dan kemudahan akses bagi santri dan masyarakat yang berhubungan dengan pesantren Nurul Huda An-Najah Simbang Kulon. Kemudian secara intensity atau intensitas, dengan adanya kegiatan pengajian rutinan di bulan Ramadhan yang disebut sebagai Ngaji pasaran, Pesantren Nurul Huda An-Najah berhasil membangun intensitas dan kedekatan dengan masyarakat desa Simbang Kulon dan sekitarnya. Selain itu, eksistensi pesantren Nurul Huda An-Najah Simbang Kulon yang masih diminati oleh masyrakat sebagai tempat yang baik untuk mempelajari ilmu agama islam merupakan peranan dari brand image yang terbentuk saat ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMukoyimah, MukoyimahUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kegiatan Public Relation, Brand Image, Pesantren di era Modern
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.5 Pers dan Media Massa Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 300 Sociology and Anthropology(Sosiologi dan Antropologi) > 302.2 Communication/Komunikasi
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Komunikasi Penyiaran Islam
Depositing User: UIN Gus Dur FUAD
Date Deposited: 15 Mar 2024 02:15
Last Modified: 06 May 2024 09:02
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/7442

Actions (login required)

View Item View Item