EKA YUNIARTI, ARNINDA (2015) Inte rnalisasi nilai kejujuran melalui buku catatan harian pembiasaan Salat Lima Waktu Siswa SMP Negeri 15 Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Pekalongan.
Text
2021111017 ARNINDA EKA YUNIARTI BAB I, V DAN LAMP_1.PDF Download (14MB) |
|
Text
2021111017 ARNINDA EKA YUNIARTI BAB I - V FULL TEXT_1.PDF Restricted to Registered users only Download (22MB) |
Abstract
Dalam era perkembangan global sekarang ini, persaingan dalam segala bidang menjadi pola hidup yang tidak dapat dihindarkan, kejujuran menjadi seperti barang antik yang sulit didapatkan. Setiap hari kita dengar berita tentang penipuan , perampokan, pencurian, penggelapan, pemalsuan, korupsi, manipulasi, dan aksi-aksi lain yang bersumber dari tidak adanya kejujuran seseorang terhadap dirinya sendiri. Kejujuran merupakan salah satu sikap yang penting dimiliki oleh semua lapisan masyarakat, maka perlu bagi sekolah-sekolah untuk menanamkan sikap ini kepada para peserta didik agar mereka memahami pentingnya bersikap jujur sejak dini. Menanamkan kejujuran bagi peserta didik dapat dilakukan saat mereka masih duduk dibangku sekolah. Karena sekolah merupakan wadah utama dalam pembentukan karakter. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana proses intemalisasi nilai kejujuran siswa melalui buku catatan pemibasaan salat lima waktu siswa SMP Negeri 15 Pekalongan?, Apa saja faktor yang mempengaruhi intemalisasi nilai kejujuran melalui buku catatan pembiasaan salat lima waktu siswa SMP Negeri 15 Pekalongan?. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Sedangkan jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field Research). Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan metode Analisis data kualitatif deskriftif. Dari analisa kejujuran peserta didik di SMP Negeri 15 Pekalongan dapat disimpulkan bahwa proses intemalisasi nilai kejujuran di SMP Negeri 15 Pekalongan dilakukan melalui media buku catatan. Buku catatan sebagai media untuk mengetahui kejujuran dan kedisiplinan siswa dalam melaksanakan salat wajib lima waktu. Salat wajib yang dilaksanakan siswa dicatat dalam buku catatan sebagai bukti siswa telah melaksanakan salat dan ditanda tangani oleh orang tua serta dikoreksi oleh guru agama setiap seminggu sekali sebagai penilaian sikap. Dan faktor yang mempengaruhi proses intemalisasi nilai kejujuran melalui buku catatan harian pembiasaan salat lima waktu siswa SMP Negeri 15 Pekalongan ada dua yaitu faktor internal dan ekstemal, faktor internal adalah faktor pembawaan dari siswa yakni karakter siswa yang berbeda mempengaruhi dalam proses intemalisasi nilai kejujuran. Dan faktor ekstemal yakni faktor keluarga yang meliputi partisipasi atau dukungan dari orang tua yang ditunjukkan dengan menanda tangani buku catatan harian pembiasaan salat lima waktu siswa, faktor dari sekolah yakni sarana dan prasarana tempat ibadah disekolah, monitoring guru agama dalam mengevaluasi buku catatan harian pembiasaan salat lima waktu siswa, dan dukungan dari segenap dewan guru di SMP Negeri 15 Pekalongan, dan faktor dari lingkungan masyarakat, masyarakat memberikan pengaruh pada setiap individu didalamnya termasuk dalam membentuk karakter dan kebiasaan siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Sholat 5 waktu | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X0.1 Islam dan Filsafat | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | Rizi Jawani | ||||||||
Date Deposited: | 18 Mar 2024 06:01 | ||||||||
Last Modified: | 18 Mar 2024 06:01 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/7498 |
Actions (login required)
View Item |