Nilai-nilai Pendidikan Islam dalam film upin dan ipin episode tema Ramadan

SUSANTI, SUSANTI (2015) Nilai-nilai Pendidikan Islam dalam film upin dan ipin episode tema Ramadan. Undergraduate Thesis thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Pekalongan.

[img] Text
2021111024 SUSANTI BAB I, V DAN LAMP_1.PDF

Download (6MB)
[img] Text
2021111024 SUSANTI BAB I - V FULL TEXT_1.PDF
Restricted to Registered users only

Download (17MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Dewasa ini kita ketahui bahwa generasi muda mengalami degradasi moral. Persoalan-persoalan yang terjadi di kalangan remaja disebabkan karena minimnya nilai-nilai moral yang dimiliki remaja dan minimnya pengetahuan nilai• nilai pendidikan Islam, karena dari awal mereka kurang dalam penanaman nilai• nilai moral dan nilai-nilai pendidikan Islam baik di lingkungan keluarga maupun sekolah. Penanaman nilai pada anak dapat dilakukan dengan memberi contoh baik secara langsung maupun melalui media. Seperti halnya media film, ia merupakan media yang cukup ampuh, karena film dapat dilihat secara langsung gerak-gerik, serta tingkah laku pemain, sehingga kemungkinan untuk ditiru akan lebih mudah, terutama film animasi. Film animasi yang dapat dijadikan sebagai media dalam penanaman nilai-nilai pendidikan Islam. Salah satu film animasi yang di dalamnya memuat nilai-nilai pendidikan Islam adalah film Upin dan Ipin. Sajian dalam film Upin dan Ipin sederhana namun komunikatif dan mendidik. Atas dasar pemikiran di atas, maka rumusan masalah dalam skipsi ini adalah nilai-nilai pendidikan ibadah dan akhlak apa saja yang terdapat dalam film Upin dan Ipin episode tema Ramadan tahun 2012, 2013 dan 2014. Tujuan dari penulisan skripsi ini adalah menganalisis nilai-nilai pendidikan ibadah dan menganalisis nilai-nilai pendidikan akhlak yang terdapat dalam film Upin dan Ipin episode tema Ramadan tahun 2012, 2013 dan 2014. Adapun kegunaan penelitian ini untuk menambah khasanah keilmuan Islam clan memberikan kontribusi pemikiran tentang pendidikan Islam dan kaitannya terhadap pemilihan film yang mengandung nilai pendidikan Islam. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pustaka atau library research. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi dan metode observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis isi (content analisis). Hasil penelitiannya dapat disimpulkan bahwa dalam film Upin dan Ipin episode tema Ramadan tahun 2012, 2013, dan 2014 terdapat nilai-nilai pendidikan ibadah khusus (puasa) dan ibadah umum (mengaji dan berwudhu sebelum mengaji). Adapun nilai pendidikan akhlak dalam film tersebut adalah : (a)Akhlak terhadap Allah adalah syukur, (b)Akhlak terhadap diri sendiri, meliputi: jujur clan menjaga amanah. (c)Akhlak terhadap orang lain atau masyarakat, meliputi: mengucapkan salam dan menjawab salam, silaturahmi, tolong menolong, tidak su'uzan (berburuk sangka), memberi nasihat yang baik, menjenguk teman yang sakit, toleransi, pandai berterima kasih, bersifat dermawan dan tidak pelit, serta meminta maaf dan sating memaafkan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMumun Muniroh, SitiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: nilai, pendidikan Islam, film Upin clan Ipin
Subjects: 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Rizi Jawani
Date Deposited: 19 Mar 2024 02:45
Last Modified: 19 Mar 2024 02:45
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/7514

Actions (login required)

View Item View Item