Implementasi metode bercerita pada pembelajaran PAI dalam mengembangkan motivasi belajar siswa MIS Tirto Kota Pekalongan

Ayuningtyas, Andria (2018) Implementasi metode bercerita pada pembelajaran PAI dalam mengembangkan motivasi belajar siswa MIS Tirto Kota Pekalongan. Masters thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img] Text
Cover, Bab I - V.pdf

Download (4MB)
Official URL: https://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/

Abstract

Walau guru telah berusaha menerapkan berbagai metode, terutama metode bercerita namun tidak jarang mereka bosan. Terlebih lagi ketika beban KD yang banyak, menjadikan siswa menjadi jenuh. Guru sudah mengupayakan berbagai hal untuk mengembangkan motivasi belajar di MIS Tirto, salah satunya dengan menggunakan metode bercerita agar para siswa lebih tertarik lagi dengan pelajaran Pendidikan Agama Islam, agar siswa tidak bosan dalam menjalani rutinitas belajar mengajar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana motivasi belajar siswa di MIS Tirto Kota Pekalongan? dan Bagaimana implementasi metode bercerita dalam memotivasi belajar siswa di MIS Tirto Kota Pekalongan? Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (Field Research), Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Dalam penelitian ini yang menjadi sumber data primer adalah kepala sekolah, guru PAI, dan peserta didik di MIS Tirto, dan yang menjadi sumber data sekunder adalah buku ilmiah, resensi artikel atau jurnal yang berkaitan dengan metode bercerita, motivasi belajar dan sumber-sumber yang relevan dengan penelitian ini. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Uji keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi data dan teknik analisis data menggunakan model Miles and Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode bercerita dapat mengembangkan motivasi belajar siswa. Hal tersebut ditunjukkan dengan antusias siswa dalam mendegarkan cerita yang akan disampaikan oleh guru dalam pembelajaran pendidikan agama Islam. Metode bercerita dapat mengembangkan motivasi belajar siswa bahkan dapat merubah kebiasaan anak. Nilai dalam sebuah cerita akan tersampaikan jika tepat cara penyampaiannya dengan memperhatikan beberapa hal seperti, mimik wajah, gerak tubuh atau intonasi suara. Sebab tersampaikan atau tidaknya nilai yang terkandung dalam sebuah cerita tergantung kepada cara pendongeng atau guru dalam menyampaikan ceritanya kepada pendengar atau siswa. Metode bercerita juga dapat digunakan di semua kalangan atau semua umur, karena cerita tidak terbatas pada usia, siapa saja dapat mendengarkan cerita. Tentu saja dengan gaya bahasa dan tata cara yang berbeda, karena bercerita harus menggunakan bahasa dan tata cara sesuai dengan audiensnya atau pendengarnya. Although teacher trying to apply various method, especially story telling method but not infrequently they are bored. When there are more resposibility of competence, it’s could make student more bored. Teacher’s in Salafiyah Islamic Primary School Tirto Pekalongan City have tried various thing to develop motivating to learn of islamic education at Salafiyah Islamic Primary School Tirto Pekalongan City, one of them by using story telling method so the student more interested with islamic education, and student will be enjoy to study. The problems in this research are, How motivating to learn for student at Salafiyah Islamic Primary School Tirto Pekalongan City? and How implementation of story telling method in motivating to learn at Salafiyah Islamic Primary School Tirto Pekalongan city? The type of research used field research, research approach is qualitative. In this research that was the primary data source is the head master, teachers of Islamic education, and students in Salafiyah Islamic Primary School Tirto Pekalongan City. That was the secondary data source is scientific books, articles or journals that related to story telling method, motivating to learn and relevant sources whit this reasearch. Data collection methods in this research are triangulation and analysis data techniques using Miles and Huberman model. The result of this research show that story telling can raise motivating to learn. This was shown student’s enthusiasm in listening stories that will be given by teacher, because story can inspire student’s. Story telling method can motivating to learn and can changing student habit’s. The value from the story telling method will be delivered in a right way using this method. With the attention of several things like expression, gesture or voice intonation. Because the value will be delivered in a right way by the teacher’s or the story tellers using story telling method, because story its not limited by age, everyone can listen the story. Surely with the language style dan procedures according to audience or listener.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorZaduqisti, EstiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Thesis advisorFathuddin, Ahmad UbaediUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Metode Bercerita, Motivasi Belajar, Story Telling, Methode, Motivation To Learn.
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nani Nuryani
Date Deposited: 16 Jun 2020 04:51
Last Modified: 14 Jan 2021 02:23
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/753

Actions (login required)

View Item View Item