Taflikhah, Taflikhah (2024) Implementasi Metode Pembiasaan 3S(Senyum, Sapa, Salam) Untuk Meningkatkan Karakter Bersahabat Pada Anak Usia Dini Di PAUD Umi Maryam Desa Botekan Ulujami Pemalang. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. ABDURRAHMAN WAHID PEKALONGAN.
Text
2420058_Cover_Bab I dan Bab V.pdf Download (1MB) |
|
Text
2420058_Full Text.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh sebuah fenomena bahwa kebiasaan yang ramah dengan menyapa, salam dan senyum yang ditanamkan pada anak usia dini sangat berpengaruh pada karakter bersahabat dalam bergaul dan berinteraksi dengan lingkunganya. Dalam hal ini metode pembiasaan sangat efektif digunakan untuk membentuk karakter bersahabat pada anak usia dini di PAUD Umi Maryam Desa Botekan Ulujami Pemalang. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana karakter bersahabat pada anak usia dini di PAUD Umi Maryam Desa Botekan Ulujami Pemalang. 2) Bagaimana implementasi metode pembiasaan 3S untuk meningkatkan karakter bersahabat pada anak usia dini di PAUD Umi Maryam Desa Botekan. 3) Faktor pendukung dan faktor penghambat metode pembiasaan 3S untuk meningkatkan karakter bersahabat pada anak usia dini di PAUD Umi Maryam Desa Botekan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian adalah penelitian lapangan (Field Research), peneliti menggunakan teknik pengumpulan data yang utama yaitu observasi, wawancara, dokumentasi. Kemudian data dianalisis melalui tiga analisis alur yang terjadi secara bersamaan yaitu teknik reduksi data, display atau penyajian data dan verifikasi. Hasil penelitian ini mengungkapkan tiga temuan yaitu : 1) Karakter bersahabat anak usia dini di PAUD Umi Maryam Desa Botekan Ulujami Pemalang cukup baik tetapi masih ada sebagian anak dengan usia rendah yang belum maksimal perkembangan karakter bersahabatnya. 2) Implementasi Metode Pembiasaan 3S(senyum, sapa, salam) Untuk Meningkatkan Karakter Bersahabat Pada Anak Usia Dini dilaksanakan melalui tiga tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi berjalan dengan efektif dan mendapatkan hasil yang sesuai dengan harapan guru, 3) Faktor pendukung dalam pembentukan karakter bersahabat di PAUD Umi Maryam yaitu pertama, faktor kematangan dan adanya kerjasama yang baik antara orangtua dan guru. Sedangkan faktor penghambat yaitu kurangnya stimulus yang diberikan guru, anak yang tidak disiplin dan dampak negatif dari perkembangan teknologi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Metode Pembiasaan, Karakter Bersahabat, Anak Usia Dini | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.321 Bustanul Atfal 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.21 Pre School/Pendidikan Pra Sekolah |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 20 Mar 2024 07:10 | ||||||||
Last Modified: | 27 Jun 2024 06:55 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/7532 |
Actions (login required)
View Item |