Na'amah, Ulumatun (2024) Implementasi pemerolehan fonem anak usia 4-10 tahun dalam pembelajaran pembacaan Al qur’an di Pondok Pesantren Putri Mamba’ul Qur’an Weleri. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
2220047_BAB I & BAB V.pdf Download (4MB) |
|
Text
2220047_FULL TEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) |
Abstract
Latar belakang penelitian ini yaitu karena masih banyak anak di usia 4-10 tahun yang pemerolehan fonemnya masih terdapat kesalahan. Dalam hal ini, peneliti mencoba untuk mencari tahu bagaimana pemerolehan fonem anak usia 4-10 Tahun dalam pembelajaran pembacaan al-qur’an di pondok pesantren putri mamba’ul qur’an weleri mulai dari proses, hasil pemerolehan, dan faktor yang mempengaruhinya. Penelitian ini bertujuan : (1) Guna mengetahui proses pemerolehan fonem anak usia 4-10 tahun dalam pembelajaran al-Qur’an di Pondok Pesantren Putri Mamba’ul Qur’an Weleri. (2) Guna mengetahui hasil pemerolehan fonem anak usia 4-10 tahun dalam pembelajaran al-Qur’an di Pondok Pesantren Putri Mamba’ul Qur’an Weleri. (3) Guna mengetahui Faktor yang mempengaruhi pemerolehan fonem anak usia 4-10 tahun dalam pembelajaran al-Qur’an di Pondok Pesantren Putri Mamba’ul Qur’an Weleri. Penelitian ini termasuk ke dalam jenis penelitian kualitatif berupa field research. Teknik pengumpulan data melalui tiga metode yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan peneliti dalam penelitian ini menggunakan teknik reduksi data, penyajian data , dan penarikan kesimpulan. Dari penelitian ini diperoleh hasil bahwa proses pemerolehan fonem anak usia 4-10 tahun dalam pembelajaran al-Qur’an di Pondok Pesantren Putri Mamba’ul Qur’an Weleri menggunakan metode qiro’ati dan juga pembelajaran tajwid. Kemudian pada anak usia 4-10 tahun sudah memperoleh fonem vokal dengan hasil yang berbeda-beda. Bentuk vokal yang diperoleh yaitu seperti vokal [ā] Bismillāh, insāna, vokal [ī] lażīna, raḥim, vokal [ū] manū. Pada anak usia 4 dan 5 tahun pemerolehan fonem vokal masih dikatakan belum baik. Sedangkan pada anak usia 8-10 tahun, mereka sudah hampir mendekati sempurna pemerolehan fonemnya. Pada bunyi fonem konsonan bisa dilihat bahwa anak usia 4-10 tahun belum sepenuhnya sempurna dalam pemerolehan fonemnya. Hanya beberapa konsonan yang belum sempurna, seperti : konsonan [ع] , [ص] , [ح] , [خ] , [ﮬ] , [ق]. Bentuk konsonan ini belum sempurna diperoleh anak usia 4-10 tahun, karena bunyi-bunyi konsonan ini memiliki kemiripan bunyi. Faktor pendukung pemerolehan fonem pada anak usia 4-10 tahun ada pada minat, semangat dan dari faktor keluarga. Terdapat dua faktor yang menjadi penghambat anak usia 4-10 tahun dalam memperoleh fonemnya, yaitu usia dan lingkungan non sosial.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Pemerolehan Fonem, Pembelajaran, dan Pembacaan Al-Qur’an. | ||||||||
Subjects: | 400 LANGAUGE (BAHASA) > 490 Other Languages (Bahasa-bahasa Lain) > 492.7 Arabic/Bahasa Arab | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Bahasa Arab | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 22 Mar 2024 04:06 | ||||||||
Last Modified: | 22 Mar 2024 04:06 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/7589 |
Actions (login required)
View Item |