Kesiapan Guru Kelas 1 Dan 4 Dalam Pelaksanaan Kurikulum Merdeka Di Mis Pucung Kecamatan Tirto Kabupaten Pekalongan

Nisa, Zahrotun (2024) Kesiapan Guru Kelas 1 Dan 4 Dalam Pelaksanaan Kurikulum Merdeka Di Mis Pucung Kecamatan Tirto Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2320018_COVER_BAB I & BAB V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2320018_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Kurikulum menjadi salah satu alat dalam mencapai tujuan pendidikan dan pedoman pelaksanaan pembelajaran disemua jenjang pendidikan. Di Indonesia sendiri, kurikulum yang diterapkan dalam bidang pendidikan sering mengalami pergantian, dan saat ini muncullah istilah kurikulum merdeka yang dicetuskan oleh oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Anwar Makariem. Adanya kurikulum baru ini tentu memerlukan kesiapan khusus dalam melaksanakannya. Kesiapan tersebut perlu dimiliki, terutama oleh guru. Karena dengan adanya kesiapan dari guru, pelaksanaan kurikulum merdeka akan berjalan sesuai dengan yang direncanakan. Kesiapan guru meliputi beberapa aspek seperti aspek kognitif, fisik, psikologis, dan finansial. Skripsi ini ditujukan untuk menjabarkan terkait kesiapan guru dalam melaksanakan kurikulum merdeka di MIS Pucung serta faktor pendukung dan penghambat pelaksanaannya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana kesiapan guru kelas 1 dan 4 MIS Pucung Kecamatan Tirto Kabupaten Pekalongan dalam pelaksanaan kurikulum merdeka? (2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan kurikulum merdeka di MIS Pucung Kecamatan Tirto Kabupaten Pekalongan?. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Menjelaskan kesiapan guru kelas 1 dan 4 MIS Pucung Kecamatan Tirto Kabupaten Pekalongan dalam pelaksanaan kurikulum merdeka (2) Mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan kurikulum merdeka di MIS Pucung Kecamatan Tirto Kabupaten Pekalongan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research), dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Pengambilan datanya dilakukan dengan menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Kemudian analisis data dimulai dengan reduksi data lalu penyajian data dan terakhir adalah penarikan kesimpulan. Adapun hasil penelitian menunjukkan: guru kelas 1 dan 4 MIS Pucung cukup siap dalam melaksanaan kurikulum merdeka berdasar 4 indikator kesiapan yaitu, 1) kesiapan kognitif, guru kelas 1 dan 4 cukup mengetahui mengenai kurikulum merdeka, dari segi pembuatan perangkat ajar, proses pembelajaran, hingga proses penilaian, 2) kesiapan fisik, rata-rata guru kelas 1 dan 4 dalam keadaan sehat dan tidak memiliki riwayat penyakit yang dapat mengganggu proses belajar mengajar, 3) kesiapan psikologis, guru kelas 1 dan 4 memiliki minat serta motivasi tersendiri dalam melaksanakan kurikulum merdeka, 4) kesiapan finansial, sarana prasarana cukup dalam menunjang dalam pelaksanaan kurikulum merdeka meskipun tidak keseluruhan sarana prasarana ada. Selanjutnya terdapat faktor pendukung dalam pelaksanaan kurikulum merdeka di MIS Pucung yaitu: 1) adanya dukungan dari stakeholder, 2) pengelolaan madrasah yang baik. Sedangkan faktor penghambat pelaksanaannya adalah: 1) beberapa guru kelas 1 dan 4 yang senior belum memahami kurikulum merdeka, 2) sarana prasarana dan fasilitas yang kurang memadai.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorAnnur, Aan FadiaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kesiapan, Kurikulum Merdeka
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.332 Madrasah Aliyah
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education/Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 25 Mar 2024 02:24
Last Modified: 25 Mar 2024 02:24
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/7605

Actions (login required)

View Item View Item