Komunikasi persuasif pembina dalam pembelajaran jurnalistik untuk meningkatkan kreativitas menulis santri pondok pesantren Salafiah TPI Al Hidayah Plumbon bantang

Umaroh, Khoirotul (2024) Komunikasi persuasif pembina dalam pembelajaran jurnalistik untuk meningkatkan kreativitas menulis santri pondok pesantren Salafiah TPI Al Hidayah Plumbon bantang. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
3420048_Cover_Bab I dan Bab V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
3420048_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Komunikasi persuasif merupakan sebuah upaya dan tindakan untuk mengubah perilaku atau sikap seseorang upaya ini dilakukan dengan sengaja agar membuat pengaruh kepada kondisi mental orang lain lewat komunikasi pada situasi dimana orang yang dibujuk dapat dengan bebas untuk memilih. Dalam penelitian ini ditemukan adanya pembelajaran jurnalistik pada pondok pesatren salaf yang berkembang dengan baik. Peneliti ingin mencari tahu sebab dari pembelajaran jurnalistik pad pondok pesantren salaf berkembang dengan baik. Peneliti disini berpendapat bahwa adanya pembelajaran jurnalistik yang berkembangan dengan baik karena terdapat sebuah komunikasi persuasif yang dilakukan Pembina terhadapa santri. Terdapat faktor penghambat dan pendukung yang mempengaruhi dalam pembelajaran jurnalistik adapun faktor pendukungnya pembina disebabkan tanpa adanya pembina tidak akan pernah mungkin sebuah pembelajaran tersebut akan maju dan berkembang dengan sangat baik, kebiasaan menjadi salah satu faktor pendukung dalam pembelajaran jurnalistik santri karena disini pembina selalu menerapkan kebiasaan yang bagus pada santri dalam pembelajaran jurnalistik ini dan memberikan contoh yang baik sehingga santri dapat terbiasa dengan pembelajaran dan mulai menikmati hal tersebut dengan baik. Untuk faktor penghambat disini salah satu yang menjadi sebuah faktor penghambat dalam pembelajaran jurnalistik santri ini yaitu keefisienan waktu. Penelitian ini termasuk penelitian lapangan (fied reseach), dengan pendekatan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan datanya melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis yang dilakukan melalui tiga tahap yaitu: reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian ditemukan bahwa pembelajarn jurnalistik yang berkembang dengan baik di pondok pesantren salaf TPI Al Hidayah Plumbon Batang karena Pembina melakukan komunikasi persuasif yang baik pada para santri sehingga santri tertarik dalam pembelajaran jurnalistik tersebut.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorPrasetya, DimasUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Persuasif, Pembina, Pembelajaran, Jurnalistik, Kreativitas, Santri
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.5 Pers dan Media Massa Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 300 Sociology and Anthropology(Sosiologi dan Antropologi) > 302.2 Communication/Komunikasi
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Komunikasi Penyiaran Islam
Depositing User: UIN Gus Dur FUAD
Date Deposited: 25 Mar 2024 07:34
Last Modified: 06 May 2024 08:59
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/7641

Actions (login required)

View Item View Item