Paradigma perennialisme dalam praktik Pendidikan Islam

Ali, Fatchurahman (2018) Paradigma perennialisme dalam praktik Pendidikan Islam. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
Cover, Bab I - V.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id

Abstract

Banyak orang berpandangan bahwa pendidikan telah gagal dalam mencapai tujuan utama dari pendidikan itu sendiri. Dampak yang jelas terlihat dari lemahnya kualitas pendidikan diantaranyaadalah permusuhan yang terjadi antar agama, antar ormas Islam, sikap intoleran, maraknya penyebaran berita hoax, budaya korupsi dikalangan pejabat dan lain sebagainya. Perennialisme memandang kehidupan manusia modern yang bercorak sekuler-hedonistik mengantarkan manusia pada krisis identitas dan kehampaan spiritual.Keberagamaan manusia modern yang terjebak pada formalisme-literalistik telah mengantarkan pada pemahaman keagamaan yang sempit.Paradigma Modernisme memandang intelektualitas yang dilihat hanya dua, yaitu akal dan panca indera. Alat manusia yang lain seperti intuisi, naluri, insting, di dunia modern tidak diperhitungkan. Pendidikan perennialisme adalah pendidikan untuk menyadarkan setiap orang tentang fitrah/ potensi dirinya dan membina cara berpikir yang tidak hanya linier (positivistik), tetapi lebih bersifat holistik. Rumusan masalah dari penelitian ini yaitu 1) Bagaimana paradigma aliran filsafat pendidikan perennialisme?2) Bagaimana konsep pendidikan dalam Islam? 3) Bagaimana paradigma perennialisme dalam praktik pendidikan Islam?Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu 1) Untuk mengetahui paradigma aliran filsafat pendidikan perennialisme. 2) Bagaimana konsep pendidikan Islam? 3)Untuk mengetahui paradigma perennialisme dalam praktik pendidikan Islam. Penelitian ini menggunakan penelitian pustaka (Library Research) yaitu penelitian yang dilakukan terhadap literatur atau buku-buku dengan cara membaca, mencatat serta mengolah bahan penelitian. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan membaca, memahami, menelaah dan memperbandingkan data-data dan dikelompokkan sesuai sifatnya. Teknik analisis data menggunakan analisis konten yaitu teknik yang digunakan untuk menganalisis dan memahami teks untuk kemudian dilakukan interpretasi dan selanjutnya menarik kesimpulan. Hasil analisa menunjukkan bahwa paradigma pendidikan perennialisme memegang prinsip kesatuan dengan alam semesta dan pencarian jati diri. Aplikasinya dalam praktik pendidikan Islam adalah mengacu pada asas kemerdekaan pendidikan dan pembinaan berpikir yang tidak berhenti pada akal dan panca indera, tetapi seluruh potensi anak secara utuh sesuai level/ usianya yang meliputi aspek intelektual, fisik, emosional, sosial, estetika dan spiritual. Internalisasi nilai-nilai perennialisme dalam praktik pendidikan Islam diantaranaya adalah dengan cara mentransformasikan nilai spiritualitas (ruhaniah), nilai religiusitas (ibadah), nilai etika (akhlak), nilai seni/ keindahan, nilai tradisi, nilai multikultural/ toleransi dan kedamaian.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorKhamidi, Aris NurUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Perennialisme, Pendidikan Islam
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nuzulul Nuzulul
Date Deposited: 16 Jun 2020 06:25
Last Modified: 16 Jun 2020 06:25
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/766

Actions (login required)

View Item View Item