Pengaruh Faktor Psikologis, Gaya Hidup, dan Kelompok Referensi pada Generasi Z terhadap Minat Menabung di Bank Syariah Indonesia (Studi pada Masyarakat Kabupaten Tegal)

Rizki, Maulana (2024) Pengaruh Faktor Psikologis, Gaya Hidup, dan Kelompok Referensi pada Generasi Z terhadap Minat Menabung di Bank Syariah Indonesia (Studi pada Masyarakat Kabupaten Tegal). Undergraduate Thesis thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
4220050_Cover_Bab I dan Bab V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
4220050_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingudur.ac.id/

Abstract

Masyarakat yang tergolong generasi Z di Kabupaten Tegal dipilih sebagai studi kasus dalam penelitian. Sebab, berdasarkan hasil pra survey yang peneliti lakukan sebelumnya yang mempertanyakan kepada responden generasi Z apakah memiliki tabungan Bank Syariah Indonesia atau tidak. Menghasilkan jawaban dari 27 responden pra survey hanya ada 5 responden yang memiliki tabungan Bank Syariah Indonesia dan 22 lainnya tidak memiliki tabungan Bank syariah Indonesia. Hal ini, perlu ditindaklanjuti bagi Bank Sayriah Indonesia untuk meningkatkan minat menabung masyarakat generasi Z di Kabupaten Tegal. Faktor psikologis, gaya hidup, kelompok referensi secara umum merupakan tiga komponen yang dapat mempengaruhi minat dalam perilaku konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor psikologis, gaya hidup, dan kelompok referensi pada generasi Z terhadap minat menabung di Bank Syariah Indonesia. Penelitian lapangan (field research) merupakan jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti sekaligus menerapkan pendekatan kuantitatif. Masyarakat yang tergolong usia generasi Z di Kabupaten Tegal dijadikan populasi dalam penelitian ini. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa penyebaran kuesioner dengan menggunakan sampel sebanyak 100 responden. Rumus lemeshow digunakan penelitian dalam proses penentuan jumlah sampel yang ada, kemudian sampel diambil menggunakan metode non-probability sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan, bahwa melalui metode uji t (parsial) semua variabel independen berpengaruh signifikan terhadap minat menabung menabung sebagai variabel dependen. Hal ini dibuktikan dengan variabel faktor psikologis mempunyai nilai Sig.  0,001 atau lebih kecil dari 0,05 dan nilai t hitung 3,148  1,984, variabel gaya hidup mempunyai nilai Sig.  0,001 atau lebih kecil 0,05 dan nilai t hitung 4,702  1,984 serta variabel kelompok referensi mempunyai nilai Sig.  0,001 atau lebih kecil 0,05 dan nilai t hitung 4,198  1,984. Hasil uji f (simultan), menunjukkan bahwa secara bersama-sama variabel independen berpengaruh signifikan terhadap minat menabung yang ditunjukkan dengan nilai Sig.  0,001 atau lebih kecil dari 0,05 dan nilai f hitung 84,702  2,70. Kemudian, dari hasil uji koefisien determinasi (R2) menunjukkan nilai Adjusted R Square sebesar 0,717 atau 71,7%. Hal ini, mengartikan bahwa sebesar 71,7% minat menabung ditentukan oleh faktor psikologis, gaya hidup, dan kelompok referensi serta selebihnya sebesar 28,7% ditentukan atau dijelaskan oleh variabel lain yang tidak ada pada penelitian ini terkait dengan faktor minat menabung.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorTamamudin, TamamudinUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Faktor Psikologis, Gaya Hidup, Kelompok Referensi dan Minat Menabung
Subjects: 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 332.1 Banks/Bank, Perbankan
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 332.21 Saving Banks/Bank Tabungan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Perbankan Syariah
Depositing User: UIN Gus Dur Febi
Date Deposited: 26 Mar 2024 06:03
Last Modified: 26 Mar 2024 06:03
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/7686

Actions (login required)

View Item View Item